Begini Cara Komputer Canggih IBM Deteksi Kanker

IBM Connect 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Siti Ruqoyah

VIVA.co.id - Salah satu rumah sakit di Thailand, telah menggunakan teknologi canggih dalam mendeteksi penyakit yang membahayakan, yakni kanker. Penggunaan sistem komputer IBM Watson dianggap sangat berperan penting dalam menganalisis data penyakit pasien.

Kepala Informasi Medis Rumah Sakit Internasional Bumrungrad, Thailand, James Mister, mengatakan, dengan menggunakan IBM Watson, pemeriksaan terhadap pasien sangat akurat dan tepat.

"Watson membantu informasi yang sangat mendalam mengenai penyakit pasien terutama penyakit kanker," kata Mister saat menjadi salah satu pembicara di IBM Connect 2015 yang diselenggarakan di Hard Rock Hotel, Singapura, Rabu 2 September 2015.

Mister menjelaskan, Rumah Sakit Bumrungrad, sudah menggunakan sistem IBM Watson ini selama 5 tahun belakangan. Hasilnya, kata dia, tidak mengecewakan. Pengunaan sistem Watson ini, lanjut dia, juga diterapkan di rumah sakit di beberapa negara.

"Bumrungrad telah membuat komitmen lima tahun menggunakan IBM Watson untuk onkologi, dikembangkan dengan metode Memorial Sloan Kettering (MSK)," kata dia.

Sistem itu, Mister menjelaskan, akan membantu dokter menunjukkan hasil medis dan bukti penelitian yang bisa dipublikasikan.

"Selain itu, Watson memiliki keahlian klinis yang luas dari MSK dan bisa membaca detail profil pasien untuk merencanakan perawatan yang paling efektif, terutama untuk pasien kanker," kata dia.

Takut Dijiplak, China Larang Ekspor Drone dan Superkomputer

Seperti diketahui, IBM adalah teknologi yang terintegrasi secara global serta merupakan perusahaan konsultan yang berkantor pusat di Armonk, New York.

IBM juga diketahui sudah beroperasi di lebih 170 negara. IBM menarik dan mempertahankan beberapa dunia orang paling berbakat untuk membantu memecahkan masalah dan memberikan keunggulan untuk bisnis, pemerintahan, serta non profit.‎

Bursa Wall Street

IBM Picu Pelemahan Bursa Wall Street

Indeks kesehatan berada di bawah tekanan.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2015