Ini 'Tanda Kehidupan' di Mars yang Dirahasiakan NASA

Objek 'tanda kehidupan' di Mars
Sumber :
  • YouTube/Sandra Elena Andrade

VIVA.co.id - yang mengorbit Mars. Sayangnya, NASA tidak sepenuhnya mengumbar temuan-temuan yang mengejutkan di

Badan antariksa itu dianggap menyembunyikan informasi yang menunjukkan kepada tanda-tanda kehidupan di Planet Mars.

Dilansir RT, Rabu 2 September 2015, sudah ada beberapa penampakan 'tanda kehidupan' yang dikumpulkan para pengguna internet melalui berbagai platform, termasuk YouTube, Google Maps, dan lainnya. Objek yang 'ditemukan' tersebut merupakan objek yang mirip dengan benda atau mahluk di bumi. Di antaranya yaitu kepiting, pesawat, sosok wanita berambut panjang, kadal, sampai ukuran wajah di permukaan Mars.

Namun para penikmat antariksa menyayangkan sikap NASA yang dianggap tertutup dalam mengungkap tanda-tanda kehidupan di Mars.

"Mereka tidak akan mengatakan kebenaran (kehidupan) tentang Mars," demikian slogan komunitas penikmat kehidupan antariksa di Facebook pada awal Agustus lalu.

Pengguna tersebut terlibat diskusi seru tentang kehidupan Mars dalam grup Facebook 'Journey to the Surface of the Mars'.

Beberapa ahli NASA menilai, objek yang dianggap sebagai tanda kehidupan oleh pengguna internet itu merupakan efek pareidolia. Ilmuwan NASA yang bekerja untuk proyek kendaraan penjalajah di Mars, Ashwin Vasavada, mengatakan orang-orang menemukan objek tersebut karena efek psikologi yang menyamakan sebuah objek di Mars dengan objek yang ada di bumi.

Namun demikian, Vasavada mengakui apa yang diungkapkan para pengguna internet soal 'tanda kehidupan' itu bisa membantu ilmuwan dalam meneliti permukaan Mars.

Misi NASA ke Mars Dianggap Bunuh Diri

Berikut kumpulan foto yang dianggap sebagai 'tanda kehidupan' di Planet Mars:

© NASA

Begini Skenario Memanen Air di Planet Mars

Objek mirip kadal

© www.ufosightingsdaily.com

Bos SpaceX Khawatir Perang Dunia III Gagalkan Misi ke Mars

Objek mirip pesawat

© NASA

Objek mirip wanita

© NASA

Objek mirip kepiting

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya