Ilmuwan DARPA: Robot Bersenjata Tidak Berbahaya

Dua tentara di Tiongkok berpose bersama robot ciptaannya
Sumber :
  • mashable

VIVA.co.id - Ilmuwan robot ternama dari militer Amerika mengungkap bahwa manusia tidak perlu takut akan robot pembunuh. Namun, yang harus ditakutkan sebenarnya adalah justru robot mata-mata.

Bahkan, menurut ahli robot itu, melarang pengembangan robot bersenjata benar-benar merupakan kesalahan besar. Pemikirannya tidak sejalan dengan apa yang dikhawatirkan banyak ilmuwan lain seperti Bill Gates, Elon Musk, hingga Stephen Hawking.

"Bahayanya bukan berada di kaki atau tangan, melainkan ada di kamera dan mikrofon yang terintegrasi di dalam robot. Bagaimana kita bisa mengamankan informasi yang telanjur telah diambil oleh robot tersebut?" ujar Manajer Program Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) Robotic Challenge, Gill Pratt, seperti dikutip dari Defense One, Rabu 2 September 2015.

Menurut Pratt, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari perkembangan robot. Malah robot bisa menjadi teman dalam kehidupan sehari-hari, dari membantu pekerjaan rumah, membawakan barang berat, bahkan menolong saat terjadi keadaan darurat bencana.

"Saya senang jika suatu saat, ketika saya tua, ada robot yang membantu. Namun, saya tidak ingin semua informasi yang bisa didengar dan dilihat si robot menjadi hal yang bisa diketahui publik. Saya sendiri tidak tahu bagaimana mengantisipasi ini. Ini merupakan pertanyaan serius yang hanya bisa dijawab oleh ahli IT, bukan ahli robot," katanya.

Pratt mengatakan, saat ini hal yang paling penting bukanlah kerusakan fisik melainkan data penting. Semua perangkat bisa dijadikan alat mata-mata, mulai robot, ponsel, sampai laptop.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Hal ini karena manusia terlalu percaya dengan kecanggihan software yang bisa digunakan di perangkat apa saja. Padahal, software-software itu yang bisa dijadikan alat untuk menyusup dan mengambil data.

Sebelumnya, Chief Executive Officer (CEO) SpaceX Elon Musk dan fisikawan Stephen Hawking bergabung dengan para ilmuwan lainnya yang khawatir akan perkembangan robot pembunuh. Mereka menandatangani petisi untuk meminta pemerintah melarang pengembangan robot bersenjata. (art)

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023