Ini Tampang Kalajengking Seukuran Manusia

Kalajengking kuno
Sumber :
  • www.smh.com.au/Yale University

VIVA.co.id - Peneliti Universitas Yale, Amerika Serikat, mengumumkan penemuan hewan predator raksasa pertama di dunia. Predator tersebut merupakan kalajengking raksasa yang panjangnya 1,8 meter.

Kalajengking masa lalu itu memiliki lusinan lengan pencakar yang tumbuh dari kepala sampai duri.

Temuan hewan predator yang dinamakan Pentecopterus decorahensis itu setelah peneliti menemukan sisa potongan fosil yang masih lestari di kedalaman hulu Sungai Iowa, Amerika Serikat.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Pentecopterus decorahensis diperkirakan hidup hampir setengah miliar tahun lalu, tepatnya 460 juta tahun lalu.

Dikutip Sydney Morning Herald, Selasa 1 September 2015, peneliti mengatakan setelah mengumpulkan sisa fosil dan merekonstruksi fosil, akhirnya bisa diperkirakan 'tampang' hewan predator seukuran manusia tersebut.

"Ini adalah predator raksasa pertama," ujar James Lamsdell, ahli geologi Universitas Yale, AS.

Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal BMC Evolutionary.

Untuk bisa merekonstruksi bentuk tubuh predator raksasa itu, peneliti Universitas Yale bekerja sama dengan peneliti Iowa Geological Survey.

Dalam penjelasan di jurnal, Lamsdell menjelaskan Pentecopterus decorahensis bukan merupakan kategori hewan kecil.

Dia mengatakan kulit luar hewan predator ini sangat terawat dengan baik, dan hasil uji karbon menunjukkan tahun sekitar 460 juta tahun. Untuk bisa mendalami fosil hewan predator tersebut, peneliti harus mengupas fosil dari batu dan menelitinya di bawah mikroskop.

"Pada saat itu tampaknya ini seperti Anda sedang mempelajari gudang kulit dari hewan modern. Ini adalah kesempatan sangat menarik bagi pakar palentologi," ujar Lamsdell.

Lamsdell bersama koleganya menduga kaki hewan predator ini ditumbuhi bulu kecil yang berfungsi untuk merasakan lingkungan sekitarnya. Sedangkan fungsi cakar di sekujur tubuh berfungsi untuk membantu berenang dan berjalan. Sementara bagian depan di wajah berfungsi untuk mengikat mangsa.

"Ini jelas hewan yang sangat agresif," ujar Lamsdell.

Bahaya Olimpiade Rio dari Sisi Ilmuwan

Meski menyebut hewan predator raksasa pertama di bumi, namun peneliti sejauh ini belum memastikan apakah hewan seukuran manusia itu benar-benar pernah ada di bumi atau tidak. (ase)

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016