Ini 20 Finalis Aplikasi Smart City The NextDev Telkomsel

Jaka Susanta, Vice President Business M2M Telkomsel
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id - Setelah menggelar TheNextDev di 10 kita di Indonesia, operator terbesar di Tanah Air, Telkomsel berhasil menjaring 20 finalis dengan aplikasi yang dianggap mumpuni. Aplikasi ini dimasukkan dalam enam kategori terkait pengembangan smart city.

Enam kategori itu terbagi menjadi e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM. Setelah dikukuhkan sebagai finalis, akan dipilih tiga tim terbaik dari 20 aplikasi tersebut, yang berhak atas akses ke pasar (market access), publikasi pemasaran (marketing publicity), mentoring, management trip, dan sejumlah uang.

"Di tahap awal, kami telah menjaring lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan dalam The NextDev ini. Ke-20 finalis yang tersaring dari tahap sebelumnya ini merupakan individu, atau kelompok developer muda dari berbagai daerah di Indonesia, yang kemudian akan mengikuti serangkaian tahapan selanjutnya yang terdiri dari bootcamp (design, development, distribute), pitching, dan pertemuan dengan investor," ujar Vice President Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati, dalam keterangan resminya, Selasa 1 September 2015.

Dijelaskan Adita, 20 finaliis ini akan mengikuti proses penjurian selanjutnya. Para developer akan dinilai berdasarkan tiga hal, yaitu Usability (UX), Kesesuaian Tema. dan Impact Level, dan Kesiapan Produk.

"The NextDev merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia di dalam membuat mobile apps yang mampu memberikan dampak sosial yang positif, terutama dalam hal pengembangan Smart City (Kota Pintar). Kompetisi ini diikuti dengan roadshow ke Medan, Malang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Yogyakarta, Semarang, Balikpapan, Bandung, dan Jakarta," papar Adita.



Berikut, beberapa finalis yang terbagi dalam enam kategori solusi perkotaan (Smart City).

1. e-Education terdiri dari Sekolah Koding (Hilman Ramadhan – Makassar), Rumah Sinau (Abdul Basir – Jakarta), Sarjana.co.id (Setra Yappi – Surabaya).

2. e-Government berupa aplikasi iWatchYou (Arrival D. Sentosa – Bandung), GandengTangan (Nur Roni D. – Jakarta), kolek.in (Danu Pujiachiri), HICO (Doni Prabowo – Yogyakarta), Tilang.in (Laurensius Faleddo – Semarang), SmartGorontalo (Dea Venditama – Gorontalo)

3. e-Transportation hanya diisi oleh aplikasi bernama Nebengers  buatan Andreas Aditya S dari Jakarta.

4. e-Tourism: BATAMciti (Yolanda Agustina – Batam), Lenscoop (M. Badrullami – Surabaya), Pontinesia (Adhitya T. Nugraha – Pontianak), Jejakku (Ahimsa D. Afrizal – Surabaya), Travis (Diagnosa Fenomena – Surabaya)

5. e-Health: Healink (Fikri W. – Yogyakarta), Bloodjob (Martin Luter – Jakarta), QCare (Satria D. Raharjo)

6. e-UKM: ERZ4P (Risa Hisamuddin – Denpasar), Appsterize (Faizal Hitobeli – Jakarta).

Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji

(asp)

Telkomsel mempermudah jaringan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC

Segmentasi KFC dan Telkomsel sejalan. yaitu menyasar anak muda.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2016