Tsunami Mediterania Bisa Musnahkan 130 Juta Mahluk Hidup

Kebiasaan Warga Mesir Puaskan Diri di Pantai Sebelum Puasa
Sumber :
  • REUTERS / Amr Abdallah Dalsh
VIVA.co.id
Sesar Aktif Picu Gempa 4,5 SR di Bali Kamis Dini Hari
- Sebuah tsunami besar di laut Mediterania dipercaya bisa menghancurkan banyak tujuan wisata menarik di sepanjang wilayah itu. Bahkan 130 juta mahluk hidup pun terancam punah hanya dengan satu kali sapuan tsunami.

Usai Gempa, Situasi Kota Padang Kondusif

Pernyataan ini diungkap para ilmuwan yang mengklaim telah meneliti dampak gempa bumi di pantai utara Afrika itu. Mereka bahkan melakukan simulasi virtual terkait dampak gelombang besar yang ditimbulkan oleh gempa dalam laut.
Kapolda Sumbar: Mentawai Sementara Ini Aman


"Kami menemukan jika sebuah gempa bumi dengan magnitude 7.0 skala richter terjadi di pantai sebelah timur Sicilia, Italia dan sebelah selatan Crete di Yunani, maka seluruh wilayah di sekitarnya akan tenggelam. Bahkan akan banyak tujuan wisata menarik yang musnah akibat fenomena yang terjadi sekali dalam 100 tahun itu," ujar ahli gelombang dinamik dari University of Bologna, Italia, Dr. Achilleas Samaras, seperti dikutip dari
Daily Mail
, Senin, 31 Agustus 2015.


Simulasi itu memperlihatkan jika ketika gempa terjadi maka gelombang besar akan muncul. Wilayah Crete sepanjang 1,5 mil persegi akan tenggelam dan menjadi lautan selamanya. Sedangkan wilayah tebing curam di Sicilia akan berkurang 0,2 mil persegi. Pulau-pulau di Yunani, yang popular sebagai tujuan wisata dunia, akan terkena dampak paling buruk.


Gempa bumi besar ini terjadi satu kali dalam satu abad. Yang terbesar adalah yang pernah terjadi pada 365 setelah Masehi di pantai Crete dengan magnitude antara 8 dan 8,5 SR. Kala itu, kota kuno di Yunani, Italia dan Mesir hancur. Sebanyak 5.000 orang tewas, hanya di Alexandria.


Pada 1908, sebuah gempa bumi dengan magnitude 7 SR menghantam wilayah Messina di Italia. Tsunami muncul dan membunuh ribuan orang karena ketinggian gelombang lautnya mencapai 10 meter.


"Model simulasi yang kami buat menunjukkan bagaimana gangguan gelombang tsunami merambat ke segala penjuru dan berubah seketika saat mencapai perairan dekat pantai dan menggenangi daerah pesisir," ujar Samaras.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya