Ini 'Dalang' Peretasan Situs Selingkuh Ashley Madison?

Screenshot akun Twitter diduga peretas Ashley Madison
Sumber :
  • www.krebsonsecurity.com

VIVA.co.id - Pelaku dibalik peretasan data personal penggunamasih 'gelap'. Meski sudah beredar kelompok peretas Impact Team yang diduga sebagai 'dalang' peretasan lebih dari 30 juta informasi pengguna, namun peneliti keamanan mengendus pelaku individu.

Data Situs Selingkuh Dianggap Harta Karun Potensial

Dikutip dari Bgr, Jumat 28 Agustus 2015, peneliti keamanan Brian Krebs menuding individual yang bertanggung jawab atas itu yaitu Thadeus Zu, dengan akun Twitter @deuszu.

Tudingan Krebs itu dilandasi berbagai bukti. Indikasinya, akun @deuszu memposting tweet pada 20 Juli lalu dengan tautan yang menuju ke tempat penyimpanan kode sumber Ashley Madison. Krebs mengaku akun tersebut telah secara rahasia membagi tautan tersebut kepadanya melalui formulir kontak pada situs. Ini dilakukan beberapa jam sebelum terjadinya penjebolan situs tersebut.

Indikasi @deuszu yang menjadi 'dalang' juga dikuatkan oleh keterangan pers Kepolisian Toronto Kanada yang mana mengungkapkan karyawan Ashley Madison pertama kali menyadari ada peretasan pada 12 Juli pagi hari.

Karyawan situs selingkuh itu mengatakan, mereka menyadari semua komputer perusahaan berisi pesan peringatan dari Impact Team. Nah, pesan peringatan itu diiringi dengan lagu AC/CD dengan judul Thunderstruck.

Begitu menyadari keterangan pers tersebut, Krebs mengaku langsung mengunduh percakapannya @deuszu di Twitter.

Krebs menemukan sebelum peretasan terjadi, @deuszu ternyata meninggalkan jejak mirip dengan pola peretasan. Pada riwayat akun Twitter tersebut, ia menemukan ada file video AC/DC.

Indikasi selanjutnya, tepat pada hari saat data Ashley Madison diumbar ke publik, Krebs menemukan pada 19 Juli, Zu mulai memosting tweet yang menunjukkan adanya 'replikasi server' sampai 'saatnya dimulai'. Krebs menyimpulkan inilah saatnya Zu beraksi mengumbar data yang telah diretas.

Berdasarkan indikasi tersebut, Krebs sangat yakin Zu merupakan individu yang berada dibalik peretasan yang menghebohkan seluruh dunia tersebut.

Tampilan situs Ashley Madison

Ini Alasan Orang Selingkuh di Situs Ashley Madison

Penyebabnya kebosanan dan dukungan emosional.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2015