Eks Bos Apple Siap Rilis Smartphone Murah untuk Indonesia

Obi Worldphone
Sumber :
  • www.engadget.com

VIVA.co.id - Penetrasi ponsel pintar terjangkau kini sedang menjadi tren di kalangan produsen perangkat. Tak mau ketinggalan, mantan CEO Apple John Sculley turut meramaikan kompetisi ponsel pintar terjangkau.

Dikutip dari Recode, Kamis 27 Agustus 2015, dengan menggandeng perusahaan desain top San Francisco, mantan Bos Apple itu mengembangkan ponsel pintar murah untuk negara berkembang. Ponsel itu dinamai Obi Worldphone di banderol di bawah US$200 (Rp2,8 juta).

Meski ponsel pintar besutan mereka murah namun mereka tak mau dianggap murahan. Obi Worldphone dihadirkan dengan beragam fitur kelas tinggi. Sculley pun tak khawatir bersaing dengan produk yang sudah di pasar negara berkembang yang kompetitif dengan harga perangkat.

Masuk Zona Bahaya Ketika Liburan, Tekan Tombol Ini

"Saya menyukai industri komoditas. Anda tidak akan mendapatkan komoditas yang lebih dari pasar yang kompetitif ini," kata dia.

Ponsel pintar Obi Worldphone tak hanya mengandalkan harga murah saja, tapi memiliki sederetan fitur hig end. Di antaranya bekal prosesor Qulacomm dan MediaTek, kamera dari Sony, layar anti gores Corning Gorilla Glass dan audio dari Dolby.

"Jika Anda pintar, desain bagus tak harus mahal," kata Robert Brunner dari Ammunition Group, perusahaan yang menciptakan sentuhan audio pada perangkat tersebut.

Perusahaan ini juga terlibat dalam meningkatkan kualitas layar Obi Worldphone dan memberikan opsi baterai yang lebih besar dalam desain ponsel yang tipis. Hal ini mempertimbangkan kebutuhan akses daya yang tergolong susah di pasar negara berkembang.

"Kami ingin ponsel menjadi sangat nyaman di kantung Anda, tapi kami tahu betapa pentingnya baterai," ujar Brunner.

Sculley menambahkan dengan harga murah dan spesifikasi tinggi, produk ponsel pintar Obi Worldphone bisa bersaing dengan HTC, Sony, maupun LG. Dia mengaku bangga sebab Obi Worldphone dilahirkan dari perusahaan rintisan yang sangat agresif dan sumberdaya terbatas.

"Kami dapat menghargai sama dengan Xiaomi dan One Plus dan menghasilkan uang," kata dia.

Ponsel Obi Worldphone memang dikhususkan untuk pasar luar AS. Perangkat ini akan menyasar pada pasar Arab Saudi, Indonesia, Vietnam, dan pasar negara berkembang lainnya. Ponsel pintar tersebut disebutkan akan hadir pada Oktober tahun ini dalam dua versi yaitu versi SF1 dan SJ1.5.

Penggunaan Dompet Digital Semakin Populer
Dua ponsel buatan Samsung dan Apple

Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen

Oppo di posisi empat, Xiaomi merangsek masuk kembali

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016