Cara Canggih Google Deteksi Jalan Berlubang

Jalan Berlubang di Akses UI
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Perusahaan otomotif sudah punya cara agar mobil bisa . Seakan tak mau kalah, perusahaan internet, Google, juga memiliki teknologi deteksi jalan rusak tersebut.

Guna mendeteksi jalan berlubang, memanfaatkan berbagai sensor pada mobil. Google sudah mengajukan paten deteksi tersebut.

Dikutip dari The Verge, Rabu 26 Agustus 2015, akan menggunakan sistem navigasi GPS dan sensor lainnya pada mobil untuk mendeteksi bagian jalan yang rusak. Google juga akan mengolaborasikan dengan data GPS.

Disebutkan Google akan memantau getaran pada mobil pengguna saat mobil melaju di atas jalanan yang berlubang. Dari deteksi getaran tersebut kemudian sensor Google akan menginformasikan ke database dan mengelola data itu untuk menentukan jalur mana yang lebih mulus.

Dengan menerapkan sensor itu pada semua mobil, Google yakin pengguna bisa mendapatkan data yang update mana saja jalanan yang berlubang dan menjadi bekal informasi berharga bagi pengemudi mobil. Makin banyak dikumpulkan maka akan makin baik.

Sayangnya, langkah ini hanya diterapkan di jalanan Amerika Serikat saja.

Jalanan berlubang disebutkan membuat Negeri Paman Sam itu merugi sekitar US$87 miliar per tahun akibat pemborosan  bahan bakar dan membuang waktu saat jalanan macet.

Disebutkan jalanan berlubang menjadi biang kerok kemacetan, kecelakaan dan kerusakan kendaraan warga.

Meski Google belum lama ini mengajukan paten sensor jalan berlubang, ternyata sudah ada program yang mirip dengan konsep Google itu. Bahkan program yang dinamakan Street Bump sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu di kota Boston, AS.

Street Bump melibatkan pemerintah daerah untuk mengingatkan pengendara atas jalan berlubang melalui program itu. Program ini juga akan memberitahukan petugas terkait untuk segera memperbaiki jalan berlubang.
Bedanya dengan Google, Street Bump mengumpulkan data dari ponsel pengemudi mobil.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh
Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016