Dirut Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno

Pasar Ponsel Pintar Bakal Tembus 1,5 Juta

VIVAnews - Direktur Utama PT Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno memperkirakan dalam dua tahun mendatang pasar ponsel pintar akan melonjak hingga mencapai 1-1,5 juta pelanggan.

"Pertumbuhan pasar ponsel pintar ini sangat pesat," ujar Sarwoto dalam wawancara khusus dengan VIVAnews di Jakarta, 10 Juni 2009.

Dia memberikan contoh BlackBerry. Dalam setahun ini saja, jumlah pelanggan BlackBerry Telkomsel melonjak 200 persen. Peminat terhadap I-Phone yang mulai diluncurkan Telkomsel sejak April tahun ini juga lumayan bagus.

Bahkan, dalam jangka panjang, dia memperkirakan dominasi pemakaian ponsel pintar akan terus melonjak. Jika sekarang masih di bawah 5 persen, menurut Sarwoto, dalam tempo 5 - 10 tahun ke depan bisa menggeser dominasi ponsel biasa. "Kami ingin menjadi pasarnya besar 30 - 40 persen."

Untuk menggapai pasar besar tersebut, dia menekankan sejumlah strategi. Pertama, dari sisi network harus mencari bandwith semurah-murahnya. Kedua, kerja sama dengan device atau manufaktur yang bisa memasok barang lebih murah. Ini sangat mungkin dilakukan melalui kerjasama dengan China dan Taiwan. Ketiga, kerjasama dengan teman-teman content provider.

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi
Dirtipidum Polri, Brigjen Pol Djuhandani Rahardjo Puro

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka

Polri mengungkap jaringan internasional TPPO dengan modus mengirim mahasiswa untuk magang ke Jerman melalui program ferien job.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024