Proyek Palapa Ring: XL Ikut, Indosat Masih Mikir

ilustrasi broadband internet
Sumber :
  • itpro.co,uk

VIVA.co.id - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika membagi proyek Palapa Ring menjadi tiga paket. Sebagian operator telah terdaftar dalam tender ini, termasuk PT XL Axiata Tbk dan, kabarnya PT Indosat Tbk.

Proyek Palapa Ring digelar untuk bisa menghantarkan layanan broadband ke masyarakat agar lebih merata. Tiga paket pengerjaan yang dimaksud, yakni wilayah Barat, Tengah, dan Timur. Sayangnya, XL dan Indosat mengaku masih belum menentukan paket mana yang diincar.

"Kita ikut. Baru tahap awal sih, baru ambil dokumen prakualifikasi. Jadi, sampai sekarang belum terlalu jelas, atau terlalu detial info yang kita dapat, mau ambil paket yang mana," ujar CEO XL, Dian Siswarini, ditemui di Jakarta, Senin 24 Agustus 2015.

Menurut Dian, perusahaannya masih akan mempelajari informasi detil terkait Palapa Ring itu dari dokumen prakualifikasi yang diambil. Meski belum menentukan paket pengerjaan yang dipilih, dia memastikan jika perusahaan sudah tercatat sebagai salah satu peserta prakualifikasi.

Di lokasi yang sama, pernyataan serupa juga disampaikan CEO Indosat, Alex Rusli. Dia mengatakan, perusahaannya berniat untuk mengikuti proses tender ini. Sayangnya, keputusan ini belum final.

"Kami memang ingin ikut, tetapi belum final insentifnya. Kami juga belum tahu incar paket, atau daerah mana karena belum pasti insentifnya apa dari pemerintah. Kan, return berdasarkan insentif," ujar Alex.

Menurut Alex, insentif ideal adalah kombinasi insentif yang bentuknya bermacam-macam. Beberapa di antaranya, adalah pengurangan Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi, atau pembebasan biaya pengadaan sumber daya.

"Pokoknya, insentif dimana kami bisa kurangi opex dan capex," kata Alex.

Dian juga sempat menyinggung adanya insentif untuk Palapa Ring. Disebutkanya, hal itu harus bisa seimbang, tidak hanya insentif untuk membangun tapi juga untuk pemeliharaan.

"Itu masalah USO (Universal Service Obligation) dulu. Maintenance-nya kurang. Harusnya balance-lah. Itu kan pakai dana USO yang memang udah dikumpulkan. Jadi, tentu ini mesti fair-lah, buat kita, pemerintah maupun konsumer," ujar Dian.

Dalam situs Kemenkominfo, Panitia Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika Kemenkominfo mengumumkan revisi tender Palapa Ring II menjadi tiga paket pengerjaan. Revisi itu juga mencakup ruang lingkup proyek, baik pembiayaan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur Palapa Ring.

Paket pengerjaan menjadi tiga, yakni Barat, Tengah, dan Timur. Paket barat menjadi lima kabupaten/kota di wilayah barat Indonesia sepanjang 1.122 kilometer (laut) dengan perkiraan nilai proyek US$40,392 juta.

Ini Skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha di Palapa Ring

Paket tengah di 17 kabupaten/kota wilayah barat Indonesia sepanjang 1.676 km (laut dan darat) dengan perkiraan nilai proyek US$47,085 juta dan Paket timur di 35 kabupaten/kota di wilayah timur Indonesia sepanjang 5.681 km (laut dan darat) dengan nilai proyek US$143,182 juta. (asp)

Danny Januar

Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu

Tiga desa itu akan dikawal oleh startup

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016