Ditemukan Rak Piala Dipenuhi Tengkorak Manusia Aztec

Gua Tengkorak Paser
Sumber :
  • pbase.com/archiaston

VIVA.co.id - Arkeolog mengklaim telah menemukan sebuah rak piala yang berisi puluhan tengkorak kepala manusia. Rak zaman purba itu ditemukan di reruntuhan situs Templo Mayor Aztec, Kota Meksiko.

Rak itu disebut Tzompantli, sebuah rak milik suku Aztec yang digunakan untuk memamerkan beberapa kepala milik korban pemujaan. Rak itu terbuat dari tiang kayu dengan sisi tengkorak diletakkan dalam posisi maju agar terlihat jelas.

"Rak tengkorak ini menunjukkan kekuatan dari warga Aztec. Teman maupun musuh yang berkunjung ke kota diharapkan bisa ketakutan dengan tampilan kepada yang diletakkan dalam berbagai dekomposisi," ujar arkeolog National Institute of Anthropology and History, Eduardo Matos, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu 23 Agustus 2015.

Lukisan dan naskah yang tertulis di rak itu menggambarkan masa awal periode kolonial. Lembaga arkeolog meyakinkan jika penemuan baru ini memiliki rasa yang berbeda.

Bagian dari platform yang berisi kepala dibuat dari deretan tengkorak yang ditempelkan bersama dalam satu lingkaran. Ada semacam ruang kosong di bagian tengah.

Ditemukan, Buaya Kuno Seukuran Bus

Semua tengkorak diatur untuk melihat ke sebuah penjuru pusat lingkaran. Sayangnya, para ahli tidak mengetahui ke mana arah pandangan itu.

"Setidaknya ada 35 tengkorak kepala yang bisa dilihat, tapi sepertinya jumlah sebenarnya lebih banyak. Maka dari itu kami terus menggali," ujar arkeolog Raul Barrera.

Oleh ilmuwan lain, rak itu kerap disebut "rak kepala". (art)

Foto ilustrasi ikat mulut raksasa

Ilmuwan Kembali Temukan Fosil Ikan Mulut Raksasa

Ilmuwan meyakini ikan mulut raksasa hidup pada 92 juta tahun lalu

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2016