Ada 'Menara Eiffel' di Permukaan Matahari

Penampakan 'Menara Eiffel' di matahari
Sumber :
  • www.news.discovery.com

VIVA.co.id - Seorang fotografer angkasa profesional, Göran Strand, menemukan penampakan yang aneh pada piringan matahari. Juru foto asal Swedia tersebut awalnya ingin menemukan sesuatu yang menarik pada piringan matahari, namun akhirnya ia menemukan objek yang cukup membuatnya terkejut. Strand menemukan ada objek yang disebutnya sebagai 'Menara Eiffel' yang terkenal.

Dikutip dari News Discovery, Jumat 21 Agustus 2015, Strand mengamati permukaan piringan matahari dengan menggunakan teleskop matahari portabel miliknya.

"Bagian menonjol itu langsung menarik perhatian saya, dengan teleskop kecil saya 50 mm, objek itu terlihat pemandangan yang indah. Sementara saya menyiapkan teleskop surya yang lebih besar, saya berpikir bagian menonjol itu mengingatkan saya pada Menara Eiffel di Paris," ujar Strand dalam keterangannya di surel.

Tak puas, Strand kemudian menggunakan telekop lebih besarnya, teleskop 80 mm yang dihubungkan dengan kamera Grey Grasshopper 3. Dengan peralatan tersebut, ia menangkap ribuan foto dan ia menumpuknya dalam 300 jepretan untuk  menghasilkan potret matahari yang indah.

Guna memberikan skala perbandingan objek 'Menara Eiffel' tersebut, Strand meletakkan objek bumi di samping objek 'Menara Eiffel'. Nah saat disandingkan, skala perbandingan menunjukkan 'Menara Eiffel' di matahari tersebut sekitar 7 kali diameter tinggi bumi. Tinggi menara tersebut sampai ke dalam atmosfer matahari atau disebut korona.

Objek menonjol di sekitar matahari merupakan struktur besar plasma magnetik yang meletus dari kromosfer matahari dan menuju korona. Mengingat plasma di korona bisa memiliki suhu melebihi sejuta derajat Celcius, plasma menara tersebut bisa menjadi seratus kali lebih dingin pada suhu yang sama dengan kromosfer.

Nah karena struktur plasma tersebut lebih dingin dari sekitar korona, maka plasma menghasilkan cahaya yang tampak dan bisa terlihat cukup mudah dengan peralatan telekop matahari atau gelas gerhana. (one)

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016