Pesan Langsung Twitter Tak Lagi Terbatas 140 Karakter

Ilustrasi Twitter.
Sumber :
  • REUTERS/Kacper Pempel

VIVA.co.id - Jejaring sosial Twitter selama ini terkenal dengan pembatasan penulisan yang hanya 140 karakter, baik untuk tweet reguler maupun pesan langsung (Direct Message/DM). Namun, kini, khusus untuk fitur DM, pengguna dimungkinkan untuk menulis panjang.

Ini merupakan langkah terbaru Twitter yang memperbolehkan penulisan pesan hingga 10.000 karakter. Hanya saja, pembaharuan ini berlaku untuk DM, bukan untuk tweet reguler. Untuk tweet biasa tersebut, penulisannya masih dibatasi 140 karakter.

Dilansir melalui akun Twitter, Product Manager for Direct Messages Twitter, Sachin Agarwal, langkah ini dilakukan agar membuat pengguna lebih bebas menunjukkan ekspresinya.

"Kami telah melakukan banyak perubahan untuk DM dalam beberapa tahun terakhir. Satu perubahan besar telah kami lakukan sejak Juli lalu dan kami ingin kalian menyadarinya," ujar Agarwal, dalam pengumumannya, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis 13 Agustus 2015.

#BlueRoom, Wadah Temu Kreator Konten dan Audiens Twitter

"Itu adalah hilangnya pembatasan 140 karakter dalam DM. Saya kira, Anda semua akan melihat teman dan follower yang lebih ekspresif ke depannya," tuturnya.

DM merupakan salah satu fitur pesan singkat pribadi yang ada di platform Twitter. Pengguna bisa berkomunikasi langsung dengan sesama pengguna Twitter tanpa terlihat. Hingga saat ini, Twitter baru memiliki 300 juta pengguna di seluruh dunia. Sementara itu, pesaingnya, Facebook sudah 1,4 miliar.

"Dengan hilangnya batasan ini, Anda tidak hanya bisa melihat pesan yang panjang, tapi inti dari perbincangan akan lebih jelas terungkap. Kami juga memungkinkan adanya penambahan emoji, foto, dan sejenisnya sehingga lebih kaya ekspresi," ujar Agarwal.

Sepertinya, Twitter ingin bersaing ketat tidak hanya dengan Facebook, tapi juga WhatsApp dan WeChat yang fokus memperkenalkan kemampuan fitur perpesanan.

Sebelum menghilangkan pembatasan karakter di DM ini, Twitter juga sempat mempermudah pengguna untuk membalas cuitan, yakni dengan tidak menambahkan cuitan yang dikutip ke dalam tweet balasan. Namun, cuitan yang dikutip tetap tersemat dalam tweet balasan secara otomatis. Karakter yang dihitung hanyalah cuitan yang baru.

Twitter juga menambahkan konten dengan format gambar, baik GIF, Vines, Video maupun file audio, baik untuk reguler tweet maupun DM. (art)

Twitter buka rungan offline Blueroom

Twitter Hadirkan #Blueroom di RI, Pertama di Asia Tenggara

Ruangan offline ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016