Ditemukan, Malware Buatan Indonesia yang Mendunia

Ilustrasi hacker.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Dari puluhan program perangkat lunak jahat (malware) yang beredar menyerang komputer, terselip hasil buatan Indonesia yang cukup agresif menyerang. Malware yang saat ini sudah dikategorikan di jajaran teratas di dunia itu bernama Kido.

Hal itu diungkap oleh perusaha penyedia solusi keamanan internet asal Rusia, Kaspersky.

" Kido itu buatan lokal. Dibuat di Indonesia. Mereka jadi salah satu malware top di dunia," ujar Territory Channel Manager Kaspersky SEA Indonesia, Dony Koesmandarin di Jakarta, Selasa, 11 Agustus 2015.

Kaspersky mendeteksi Kido ini menyerang banyak perangkat komputer dan cukup meresahkan, sehingga berada di jajaran atas malware dunia.

Ini Bukti Sistem Keamanan Informasi RI Lemah

Kaspersky memaparkan dari total serangan malware selama kurun waktu semester kedua 2015 yang berjumlah 26.177 serangan, Kido menempatkan diri pada posisi sepuluh teratas malware teraktif.

Dony menyebutkan ada beberapa versi dari Kido tersebut, ada Net-Worm.Win32.Kido.ih dengan jumlah serangan 2.836 perangkat komputer dan Net-Worm.Win32.Kido.ir yang berhasil menginfeksi 1.791 komputer.

"Ini alphabet di belakangnya masih dua. Diduga mereka akan terus berkembang dan terus menyerang," kata dia.

Saat ini, Kido yang berperan sebagai malware bersaing ketat dengan Agent, Debris, Nimnul, Dinihou, Slugin, hingga Starter.

Mengenai di mana dan siapa yang membuat malware tersebut, Kaspersky mengaku tak tahu-menahu, sampai malware itu dapat menyerang perangkat komputer di penjuru dunia.

"Sampai saat ini saya tidak tahu siapa yang buat malware Kido itu," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Kaspersky melaporkan pada semester kedua 2015 kemarin, ada 379 juta malware yang menyerang melalui online ke seluruh perangkat di dunia.

Ilustrasi ransomware/malware.

Nyaris Semiliar Ponsel Android Terancam Malware Baru

Malware baru itu dinamakan QuadRooter.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016