Alasan Sundar Pichai Ditunjuk Sebagai Bos Baru Google

Sundar Pichai
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Google memberikan pengumuman besar pada awal pekan ini. Perusahaan internet raksasa dunia itu membentuk perusahaan baru bernama Alphabet Inc. Selain mengumumkan perusahaan baru, Google menunjuk untuk menjadi CEO Google.

Begitu pengumuman dipilih menjadi nakhoda baru Google, Pichai langsung mendapat ucapan selamat dari berbagai pihak. Dilansir The New York Times, Selasa, 11 Agustus 2015, banyak yang menyebut bahwa pria asal India tersebut memang layak untuk memimpin

Bos Google Emoh Bicara soal Balon Internet di Depan Publik

Salah satunya testimoni itu disampaikan oleh mantan eksekutif Facebook, Bret Taylor.

"Selamat untuk @sundarpichai atas promosi menjadi CEO Google. Salah satu pemimpin teknologi cakap yang pernah bekerja dengannya," tulis Taylor dalam akun Twitternya.

Salah satu testimoni itu merupakan penanda bahwa Pichai merupakan figur yang layak memimpin Google.

Dilihat dari kariernya,memang cukup moncer saat di Google. Dia bergabung dengan Google sejak 2004 dan menjadi sebagai manajer produk untuk Chrome, layanan web browser Google.

Menurut StatCounter, sentuhan dingin Pichai membuat Chrome sukses. Chrome tumbuh secara liar, meledak dari satu digit persentasi dari pangsa pasar pada awalnya tumbuh menjadi browser yang paling banyak digunakan di desktop dan perangkat mobile di dunia.

Keberhasilannya itu pun menarik perhatian dari pendiri dan CEO Google, Larry Page. Maka dua tahun lalu, Page mempromosikan Pichai untuk mengelola Android, sistem operasi yang telah dipakai oleh 78 persen ponsel pintar di seluruh dunia. Pichai menggantikan posisi bos Android sebelunya, Andy Rubin yang mengundurkan diri.

Kemampuan Pichai itu pun diakui oleh Page. Hal itulah yang membuatnya mempromosikan Pichai.  "Sundar memiliki bakat menciptakan produk yang secara teknis sangat baik namun mudah digunakan," kata Page dalam pernyataanya beberapa waktu lalu.

Page mencontohkan bukti keberhasilan Pichai. Saat mengembangkan Chrome, Pichai mampu membalikkan skeptis para pengguna saat itu.

"Pada 2008, orang-orang bertanya apakah dunia benar-benar memerlukan browser lain. Hari ini, Chrome telah memiliki ratusan juta pengguna yang bahagia," kata Page.

Di luar perusahaan, Pichai juga disukai oleh komunitas digital. Disebutkan Pichai disukai oleh banyak orang dalam komunitas perangkat lunak pada umumnya. Pria India tersebut memiliki pendekatan yang ramah kepada bawahan dan selevelnya.

"Sundar tak pernah memiliki hari yang buruk. Energi positifnya menular dan optimismenya menarik bakat terbauk," kata Chris Sacca, pemodal ventura dan mantan kolega Pichai di Google.

Google Akan Bikin 'Underwater Street View' Raja Ampat
Ilustrasi Alphabet Google

CEO Baru Google Ini dapat Hibah Saham Senilai US$199 Juta

Pichai menduduki posisi tertinggi Google sejak Agustus lalu.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2016