Tunggu 12 Agustus, Puncak Hujan Meteor Perseid

Hujan meteor Perseid di Inggris
Sumber :

VIVA.co.id - Fenomena alam yang terjadi tiap tahun akan kembali menyambangi bumi. Hujan meteor Perseid akan mencapai puncaknya pada 12 Agustus sampai 13 Agustus pekan depan.

Dilansir melalui laman Royal Astronomy Society, Sabtu 8 Agustus 2015, hujan meteor kali ini diprediksi akan cukup jelas terlihat. Saat ini di beberapa belahan dunia, cuacanya cukup cerah. Ini memungkinkan kemunculan ratusan meteor itu akan lebih jelas terlihat di mana saja di malam hari.

Meteor, atau yang dikenal dengan bintang jatuh, merupakan bentuk nyata dari partikel kecil dari sisa-sisa komet. Ukurannya sangat kecil, bahkan seukuran pasir saat memasuki atmosfir bumi dalam kecepatan yang besar.

Meteor Perseid merupakan sisa dari serpihan ekor komet Swift-Tuttle, yang pernah berpapasan dekat dengan bumi pada 1992. Komet itu meninggalkan puing-puing menuju bumi. Saat masuk ke atmosfir bumi, partikel-partikel ini memanaskan udara di wilayah yang mereka lewati.

Penjelasan Ilmiah atas Misteri Danau 'Merah Darah' di Iran

Inilah yang menyebabkan meteor kerap berubah menjadi cahaya yang jatuh ke permukaan bumi. Nama Perseid diambil dari satu titik paling bersinar yang ada saat itu di konstelasi Perseus.

NASA mendeteksi, meteor itu sejatinya telah mulai berjatuhan sejak 17 Juli dan akan berakhir pada 24 Agustus nanti. Di masa ini, hanya beberapa meteor yang mampu menampakkan diri dalam kurun setiap satu jam.

Namun jumlah meteor yang menghujani bumi akan semakin banyak pada 12 Agustus sampai 13 Agustus nanti. Jumlahnya bisa mencapai ratusan meteor. Namun tergantung cuaca saat fenomena berlangsung, dan juga posisi para pemantau.

"Tahun ini, merupakan fenomena yang bisa dilihat dengan cukup baik. Bulan baru pada 14 Agustus nanti akan membuat penglihatan terhadap meteor menjadi jelas," ujar Dr Sam Lindsay dari Royal Astronomical Society.

Hujan meteor Perseid di Bosnia

Catat, Deretan Fenomena Astronomi Sampai Akhir 2016

Ada hujan meteor Orionid dan Perseid

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016