Pengguna Radio Amatir di Bumi 'Ngobrol' dengan Astronaut ISS

Adrian Lane, pengguna radio amatir
Sumber :
  • Mirror
VIVA.co.id
Trik Aneh Ini Diyakini Bisa Temukan Alien
- Seorang pengguna radio amatir di Inggris berhasil menangkap sinyal stasiun luar angkasa internasional (ISS) lalu berbincang. Padahal jarak ISS 200 mil dari permukaan bumi.

Setahun Hidup di Antariksa, Astronot Ini Rindu Kamar Mandi

Ayah dua orang anak yang bernama Adrian Lane ini telah berkutat dengan komunikasi radio amatir sejak 20 tahun belakangan. Ia sering bercengkerama dengan teman-temannya di frekuensi rendah itu.
Potret Polusi Parah China Dilihat dari Antariksa


Sebelum memutuskan untuk mencari sinyal ISS, Lane, yang menyadari jika ISS akan berada tepat di atas wilayahnya di Coleford, Glos. Dia mendapatkan informasi ini dari
mailing list
NASA.


Pria berusia 52 tahun itu pun melacak rute ISS dan membuat 'kontak' dengan ISS yang berjarak 200 mil di atasnya dan bergerak dengan kecepatan 18.500 mph.


Tidak disangka, dilansir melalui
Mirror.co.uk
, Kamis, 6 Agustus 2015, dia berhasil memasuki frekuensi yang dituju hanya dengan menggunakan kode radio amatir miliknya, 2E0SDR. Yang menariknya, astronaut ISS menyambut panggilannya.


Lane dan astronaut ISS pun sempat mengobrol selama 50 detik sebelum akhirnya sinyal mereka terputus karena ISS yang semakin menjauh.


Pria yang membangun sendiri papan sirkuit radio
transmitter
-nya itu mempertanyakan banyak hal, mengenai profil sang astronaut, dan juga keadaan bumi dari luar angkasa. Dia mengaku sangat senang bisa berbincang dengan 'mahluk luar angkasa' karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan itu.


Mengenai keindahan bumi dari luar angkasa, sang astronaut menjawab,


"Di lihat dari sini, bumi sangat menakjubkan, Adrian. Anda pasti tidak akan bisa membayangkannya. Sangat berwarna-warni," ujar astronaut ISS dituturkan oleh Lane.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya