Ilmuwan Abad ke-19 Ini Sudah Prediksi Adanya Smartphone

Nikola Tesla
Sumber :
  • Wikipedia
VIVA.co.id
Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen
- Seorang ilmuwan yang hidup di abad ke-19 bernama Nikola Tesla ternyata telah memprediksi kemunculan smartphone. Dia mengatakan hal ini saat diwawancara majalah pada 1926.

Hadir Mobil Mainan Keren Buat Anak, Berapa Harganya?

Dilansir melalui
Sebenarnya, 10 Hal Ini Bisa Dilakukan dari Smartphone Anda
Ubergizmo , Rabu 5 Agustus 2015, pernyataan jadul Tesla ini ditemukan oleh laman Big Think di sebuah majalah bernama Collier. Majalah itu mewawancara ilmuwan yang dikenal sebagai penemu motor induksi dan daya listrik arus bolak balik ini.


Dalam wawancaranya di awal abad ke-19 itu, Tesla mengatakan jika suatu saat nanti manusia akan bisa berkomunikasi secara instan, tanpa peduli jarak. Bahkan dia juga yakin jika komunikasi bisa dilakukan dengan bertatap muka, layaknya menonton televisi.


"Kita akan bisa berkomunikasi secara instan, tak terpengaruh jarak. Bahkan melalui televisi dan teknologi telefoni kita bisa saling melihat walaupun jaraknya ribuan mil. Seseorang bisa membawa perangkat telekomunikasi di kantongnya," ujar Tesla kala itu.


Pernyataan Tesla ini terbukti dengan adanya smartphone yang berukuran hanya 5 inci, bisa disimpan di kantong. Atau pesan instan yang bisa membuat manusia berkomunikasi secara langsung, dan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) yang diadopsi Skype, Viber dan lainnya.


Nikola Tesla merupakan ilmuwan yang menginspirasi perusahaan motor Tesla, yang dipimpin Elon Musk. Tesla sejatinya adalah teknisi listrik yang kemudian dikenal sebagai perintis elektromekanika, daya listrik dan wireless. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya