Ini Smartphone yang Diklaim Pertama Adopsi Windows 10

Ponsel Lumia 640 XL dan LTE
Sumber :
  • PCAdvisor.uk

VIVA.co.id - Sistem operasi (OS) Microsoft terbaru, Windows 10, memang tidak hanya ditujukan bagi pengguna PC desktop, tapi juga mobile. Sayangnya, masih butuh waktu bagi pasar smartphone untuk bisa mengadopsi OS ini.

Dalam rumor yang berkembang dari laman Engadget, Rabu 5 Agustus 2015, beberapa smartphone Lumia akan mendapatkan kehormatan untuk menjadi yang pertama mengadopsi Windows 10. Beberapa di antaranya adalah Lumia 430, Lumia 435, Lumia 532, Lumia 535, Lumia 540, Lumia 640, Lumia 640 XL, Lumia 735, Lumia 830, dan Lumia 930.

Kebanyakan dari 10 ponsel pintar Lumia itu memang sudah diluncurkan oleh Microsoft. Namun, tidak seperti sistem operasi lainnya, Microsoft memungkinkan penggunanya untuk melakukan upgrade ke Windows 10.

6 Bulan, Windows 10 Sudah Aktif pada 200 Juta Perangkat

Metode ini tidak hanya berlaku di perangkat desktop. Pengguna smartphone berbasis Windows juga diperbolehkan untuk melakukan pembaruan.

Sayangnya, belum diketahui kapan para pengguna Lumia yang dimaksud dapat secara resmi meng-upgrade perangkatnya ke sistem operasi terbaru itu.

"Windows 10 mobile belum akan tersedia sampai akhir November nanti. Jadi, kami harus menunggu selama beberapa bulan laigi," ujar Anthony Doherty, Group Lead, Windows and Surface Business, Microsoft South Africa, seperti dikutip dari IT Portal.

Kabarnya, untuk bisa memperbaharui sistem operasi Windows 10 ke smartphone Lumia, pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu Lumia Denim update.

Windows 10 memiliki beberapa fitur andalan seperti sensor layar Continuum, browser khusus Microsoft Edge, fitur snap untuk aktivitas multitasking, asisten digital Cortana, dan fitur pencarian yang lebih luas.

Sayangnya, pengguna tidak lagi bisa bebas memainkan game sejuta umat, Solitaire, di Windows 10. Microsoft memberlakukan akses berlangganan untuk memainkan solitaire. Jika tidak, tayangan iklan akan mengganggu jalannya permainan setiap saat. (art)

Sistem operasi Windows di Microsoft Lumia

Lumia Kini Bisa Upgrade ke Windows 10

Microsoft memberikan panduan untuk upgrade.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2016