Papan Terbang Marty McFly Buatan Lexus Dianggap Hoax

Slide, Lexus Hoverboard
Sumber :
  • Daily Star

VIVA.co.id - Sebuah video terkait dengan uji coba papan terbang diposting produsen mobil, Lexus. Sayangnya, video itu dianggap sebagai hal yang tidak nyata alias hoax.

Dalam video itu, Lexus memperlihatkan papan terbang ala Marty McFly dari karakter film Back to the Future. Papan terbang bernama Slide itu ditampilkan bersama model terbaru F Lexus. Dalam keterangannya, video ini dibesut Henry-Alex Rubin.

Sayangnya, komentar yang ada di bawah video itu tidak ada yang mempercayai teknologi baru ini. Mereka menganggap papan terbang itu hanya dibuat dengan efek sehingga tampak seperti bisa dioperasikan di dunia nyata.

"Ini sangat palsu karena papan terbang tidak akan bisa melayang melewati air," ujar salah satu komentar.

Komentar lain mengatakan, " Mungkin papan luncur itu ada, tapi video ini kelihatan benar-benar palsu".

Lexus mengklaim  papan terbang itu menggunakan teknologi pendongkrak magnetik yang bisa membuatnya melayang di udara, bahkan di air. Dalam video itu, Lexus mengklaim telah merekam uji coba Slide di sebuah taman yang dibangun khusus di Barcelona.

"Butuh waktu sekitar 18 bulan untuk mendesain dan merencanakan teknologi tersebut. Bahkan butuh waktu berminggu-minggu untuk memastikan teknologi itu berfungsi melalui serangkaian uji coba," ujar Dr Oliver de Haas, CEO Evico, perusahaan yang khusus mengembangkan teknologi levitasi magnetik, seperti dikutip dari IB Times UK, Rabu 5 Agustus 2015.

Seorang pemain skateboard profesional, Ross McGouran, mengaku telah mencoba papan terbang ini. Ia mengatakan ada sensasi berbeda dalam penggunaan papan ini karena tidak sama dengan papan luncur yang sering ia gunakan.

"20 Tahun saya sudah meluncur dengan papan tapi menaiki papan tanpa gangguan atau halangan di jalan, sepertinya saya harus belajar lagi terkait keseimbangan dan menstabilkan tubuh saat menggunakan papan," ujar McGouran.

Dijelaskan pihak Lexus, papan luncur itu memiliki dua buah cryostat (perangkat untuk mengatur temperatur rendah, bertahan di suhu minus 197 derajat celsius melalui pencelupan nitrogen cair. Cryostat itu ditempatkan di bawah papan, dilengkapi magnet untuk menerima levitasi (daya angkat) magnetik.

Hoverpark atau taman khusus yang dibangun Lexus dalam video itu diklaim menggunakan jalanan magnetik yang disematkan di dalam permukaan.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Yang menambah komentar makin sinis, Lexus mengatakan jika Slide tidak akan dijual melainkan hanya dibuat sebagai purwarupa.

Mobil konsep Lexus di GIIAS 2016.

GIIAS 2016 Dimeriahkan dengan Dua Mobil Konsep Lexus

Mereka tidak memiliki mobil baru untuk dipamerkan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016