NASA Temukan Planet Paling Dekat dengan Bumi

HD 219134b ini planet berbatu terdekat bumi
  • Washington Post

VIVA.co.id - Sebuah planet baru ditemukan, namun belum bisa dibilang mirip bumi. Yang menarik, planet bernama HD 219134b ini merupakan planet berbatu yang terdekat dengan bumi.

NASA: Hati-hati dengan Klaim Planet Kesembilan

Planet berbatu ini diklaim sebagai yang terdekat dengn bumi, yang pernah ada di tata surya kita. Jaraknya hanya 21 tahun cahaya. Ini akan membuat HD 219134b sebagai planet yang potensial untuk dieksplorasi.

Permukaannya yang berbatu membuat planet baru ini akan menguntungkan manusia. Selain itu, planet ini dianggap satu-satunya yang bisa transit atau menyeberangi bintangnya.

Planet itu sejatinya tidak bisa dilihat dari bumi, meskipun menggunakan teleskop. Namun, karena bintangnya bisa terlihat, manusia di bumi bisa mengukur berdasarkan perubahan terangnya cahaya. Dengan mengetahui ukuran dan massa planet maka kepadatannya pun bisa diketahui, apakah planet tersebut berbatu seperti bumi, terdiri dari gas seperti Jupiter atau es mirip Pluto.

"Exoplanet (planet luar) ini akan menjadi salah satu obyek eksplorasi dalam kurun beberapa dekade ke depan," ujar ilmuwan untuk misi Spitzer Jet Propulsion Laboratory NASA, Michael Werner, seperti dikutip Washington Post, Rabu, 5 Agustus 2015.

Menurut data yang dipublikasikan dalam jurnal Astronomy & Astrophysics, HD 219134b memiliki massa sekitar 4,5 kali lebih berat dari bumi dan besarnya 1,6 kali lipat. Sayangnya, planet super ini sangat dekat dengan matahari orbitnya, yang lebih kecil, lebih dingin dan lebih padat dari matahari milik bumi. Planet ini mengorbit setiap tiga hari sekali.

Planet ini ditemukan hanya melalui penggunaan teleskop Spitzer milik NASA. Ke depan, ilmuwan berharap semua teleskop bisa melihat keberadaan planet ini agar bisa mengobservasi lebih lanjut. Hal ini karena planet 219134b tidak lebih jauh dari planet biasa terdekat yang pernah ditemukan sebelumnya, GJ674b, yang jaraknya hanya 14,8 tahun cahaya namun komposisinya sulit diketahui.

(mus)

Ditemukan Planet Kesembilan di Tata Surya
Planet luar Tata Surya  2MASS J2126-8140

Kejutan, Ditemukan Tata Surya Terbesar

Tata Surya ini dikelilingi planet raksasa belasan kali massa Jupiter.

28 Januari 2016