Produsen Otomotif Jerman Resmi Miliki Peta Nokia

Kantor Pusat Nokia di Finlandia.
Sumber :
  • REUTERS/Antti Aimo-Koivisto/Lehtikuva
VIVA.co.id
Tiga Raksasa Otomotif Beli Peta Rp36 Triliun, Buat Apa?
- Setelah berbulan-bulan menimbang para "pelamarnya", Nokia pun akhirnya menyerahkan teknologi pemetaan jalan buatannya ke produsen otomotif asal Jerman. Tidak hanya satu, melainkan tiga produsen berhak menggunakan peta jalan ala Nokia.

Uber Akuisisi Layanan Peta Microsoft

Dilansir melalui sumber resmi
Nokia 'Rayu' Perusahaan Jerman untuk Beli HERE Maps
Reuters , Senin 3 Agustus 2015, peta bernama Here besutan Nokia itu sekarang telah resmi menjadi milik konsorsium produsen mobil Jerman. Konsorsium itu terdiri atas Daimler, BMW, dan divisi premium Volkswagen, Audi.


Dikabarkan, mereka setuju untuk membayar mahar senilai US$3,2 miliar atau sekitar Rp43,2 triliun. Sayangnya, menurut
Reuters
, ketiganya menolak untuk berkomentar terkait pemberitaan tersebut.


Dalam laporan
Wall Street Journal
sebelumnya diberitakan jika awalnya konsorsium hanya ingin membayar harga di bawah angka tersebut. Namun, ternyata ketiganya setuju di menit terakhir.


Usai berhasil mengakuisisi Nokia Here Maps, perusahaan-perusahaan otomotif Jerman itu akan mengundang beberapa produsen mobil global lainnya, seperti Fiat Chrysler, Renault, PSA Peugeot Citroen, Ford Motor, Toyota, dan General Motors. Mereka akan ditawarkan untuk berinvestasi di Nokia Here.


Kabar sebelumnya mengatakan jika konsorsium Jerman itu bukan satu-satunya yang tertarik dengan Nokia Here. Facebook, Uber, dan perusahaan privat Hellman & Friedman juga bersaing untuk membeli Here.


Peta Here ini sejatinya bukanlah teknologi yang murni ditemukan Nokia. Here hadir setelah Nokia mengakuisisi Navteq pada 2008 senilai US$8,1 miliar. Tahun ini, Nokia menjual semua divisi mobilenya, termasuk smartphone dan peta, untuk memfokuskan diri pada bisnis jaringan nirkabel.


Jika Google Maps banyak digunakan oleh pengguna smartphone, Here Maps justru mendominasi pemetaan mobile di otomotif. Sebanyak 80 persen pangsa pasar Here telah disematkan langsung untuk sistem navigasi otomotif yang terintegrasi.


Here sejatinya berbasis di Berlin dan mempekerjakan sekitar 6.000 karyawan di seluruh dunia. Pendapatan Here Map dikabarkan mencapai US$1,1 miliar atau sekitar 8 persen dari total penjualan Nokia selama 2014. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya