Ini Drone Andalan Facebook untuk Sebar Internet ke Dunia

Drone Aquila buatan Facebook
Sumber :
  • The Guardian
VIVA.co.id
Drone Amfibi Penjaga Wilayah RI Kantongi Sertifikat Militer
- Ambisi Mark Zuckerberg dan tim Facebook untuk menyebarkan akses internet ke seluruh dunia rupanya tidak main-main. Mereka mengklaim telah berhasil membuat drone yang akan menjadi andalan untuk membuka akses internet ke wilayah pedalaman.

Terungkap, Misi Lanjutan Inisiator Pesawat Tenaga Surya

Dilansir melalui
Bandung Terpilih Jadi Uji Coba Bisnis e-Commerce Facebook
The Guardian , Jumat, 31 Juli 2015, Facebook mengatakan telah menyelesaikan pembuatan drone dengan ukuran yang diinginkan. Dalam penjelasannya, Facebook mengklaim bahwa drone itu memiliki lebar sayap yang sama dengan Boeing 737 dan akan mampu menyediakan akses internet ke wilayah-wilayah pedalaman di seluruh dunia.


"Uji coba akan kami lakukan akhir tahun ini. Misi kami adalah untuk menghubungkan semua orang yang ada di dunia. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik guna memotivasi seluruh pelaku industri agar mau berpindah ke teknologi yang lebih cepat," ujar
VP Engineering Facebook
, Jay Parikh.


Dijelaskan Direktur Konektivitas Facebook, Yael Maguire, berat pesawat tanpa awak itu sekitar 400 kilogram. Drone ini akan beroperasi di ketinggian 18 kilometer dan 27 kilometer, atau di atas ketinggian pesawat komersial, sehingga tidak akan dipengaruhi oleh cuaca buruk.


Maguire mengatakan, drone itu telah diproduksi selama 14 bulan dan bisa terbang di udara selama 90 hari. Namun dalam proses mencapai ketinggian, balon helium akan dilibatkan untuk membantu karena sayap drone yang cukup lebar, sekitar 42 meter.


Drone berkekuatan tenaga surya itu dinamakan Aquila. Dia harus bisa bergerak secara konstan memutar dengan radius tiga kilometer. Saat siang hari, Aquila akan terbang di ketinggian 90.000 kaki dan 60.000 kaki saat malam untuk menghemat energi.


Facebook percaya, Aquila mampu menyediakan akses internet ke 10 persen populasi dunia yang tidak pernah tersentuh jaringan nirkabel itu. Hal ini juga akan membantu Facebook melancarkan program Internet.org, penyediaan akses internet gratis ke dua pertiga negara di dunia.


Facebook menegaskan, drone ini tidak untuk dijual secara komersial. Murni digunakan untuk melebarkan akses internet. Mereka juga sedang melobi regulator untuk izin terbang di ketinggian tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya