Ilmuwan Temukan Logam untuk Ciptakan Cakar Wolverine

Wolverine
Sumber :
VIVA.co.id
VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?
- Sebuah materi logam campuran baru yang cukup kuat telah ditemukan oleh ilmuwan. Logam itu adalah materi yang tidak mudah terbakar meski dalam suhu ribuan derajat celsius.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Logam tersebut digadang-gadang mirip dengan cakar yang terdapat di tubuh karakter X-Men, Wolverine, yang dinamakan adamantium. Logam campuran eksotik itu merupakan kombinasi dari metal langka hafnium, karbon, dan nitrogen.
Bahaya Olimpiade Rio dari Sisi Ilmuwan


"Campuran logam ini tidak mudah meleleh, kecuali temperaturnya berada di tingkat 4.126 derajat celsius, atau sekitar dua pertiga suhu permukaan Matahari," ujar Profesor Axel van de Walle, ilmuwan dari Brown University di Rhode Island, yang memimpin penelitian tersebut.


Dikutip dari
Daily Mail
, Jumat 31 Juli 2015, mereka mengembangkan materi baru itu menggunakan simulasi komputer untuk mengalkulasi komposisi optimal dalam mengalahkan suhu api yang panas. Ilmuwan berharap bisa mulai meniru materi itu dan membuat purwarupanya di laboratorium.


Awalnya, mereka menemukan campuran logam dari hafnium, tantalum, dan karbon (Hf-Ta-C). Sayangnya, logam itu bisa meleleh dalam suhu udara 3.526 derajat celsius. Sementara itu, campuran logam lain, ada hafnium, nitrogen, dan karbon (Hf-N-C) yang ternyata lebih kuat.


Menurut van de Walle dan koleganya, Dr. Qijun Hong, penemuan mereka ini bisa menjadi dasar untuk mengembangkan jenis baru penangkal panas. Perisai panas itu bisa disematkan untuk kendaraan luar angkasa atau untuk turbin gas.


"Titik pelelehan materi bukanlah satu-satunya hal yang penting. Untuk menciptakan logam campuran, harus memperhatikan juga hal mekanis dan ketahanan oksidasi. Makanya, kami butuh uji coba lebih lanjut untuk bisa membuktikan kemampuan logam ini," ujar van de Walle. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya