Titik Kebakaran Hutan di Sumatera Dilihat dari Luar Angkasa

Pantauan titik kebakaran hutan di Sumatera
Sumber :
  • LAPAN

VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) terus memitigasi bencana melalui teknologi penerbangan dan teknologi. Lembaga pemerintah nonkementerian itu juga turut memantau kebakaran hutan yang masih terjadi di wilayah Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, Kamis, 30 Juli 2015, Lapan menyatakan kebakaran hutan di wilayah Sumatera saat ini masih terjadi. Diungkapkan, asap akibat kebakaran hutan masih terdeteksi dan berpotensi mengganggu kegiatan rutinitas serta kesehatan.

"Guna mendukung upaya mitigasi tersebut, Lapan mengolah data respons tanggap darurat bencana berbasis data satelit," tulis Lapan dalam keterangannya itu.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

Titik asap berhasil dideteksi melalui data gambar dari satelit Lapan. Data tersebut diperoleh dari citra satelit MODIS AQUA pada 25 Juli 2015 yang diakuisisi melalui stasiun bumi Lapan di Parepare, Sulawesi Selatan.

Selain itu, data tersebut diperoleh dari VIIRS Nightlife pada 11 hingga 26 Juni 2015 dan peta batas administrasi Indonesia. Citra satelit tersebut kemudian dilakukan perbesaran guna melihat secara detail daerah-daerah yang terdapat titik api.

Dari data citra tersebut, terlihat dengan jelas sebaran api dan telah meluas di wilayah Sumatera. Hal tersebut dapat diketahui dari banyaknya titik panas yang terdeteksi.

"Titik panas tersebut ditandai dengan titik-titik berwarna merah dan biru. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa sumber kebakaran berasal dari sekitar Jambi dan Riau," ungkap Lapan.

Satelit juga mendeteksi adanya asap dan arah asap. Dengan adanya data satelit tersebut, maka akan membantu pihak-pihak terkait dalam menangani bencana kebakaran hutan.

Berikut adalah gambar respons tanggap darurat bencana berbasis data satelit pemantauan titik panas dan asap di wilayah Sumatera yang dibuat oleh Lapan:

Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat

Pantauan titik kebakaran hutan di Sumatera

Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016