Google Translate Pertimbangkan Penambahan Bahasa Daerah

Fitur baru Google Translate
Sumber :
  • iDownload

VIVA.co.id - Aplikasi terjemahan bahasa di Google memang menjadi salah satu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Untuk itu, Google mengungkap, tak menutup kemungkinan akan menambahkan jajaran bahasa daerah di Indonesia menghiasi layanan tersebut.

Communications Head of Consumer and Youtube Google Indonesia, Putri Silalahi, mengatakan, jika banyak netizen menginginkan adanya terjemahan bahasa daerah tersebut, kemungkinan besar penambahan bahasa lokal akan dilakukan Google.

"Tingkat kesukaran dalam mengartikannya juga menjadi titik perhatian untuk jadi pertimbangan. Selain itu dari segi alfabetnya," kata Putri di kantor Google, Jakarta, Kamis, 30 Juli 2015.

Saat ini diketahui, bahasa daerah yang tersemat pada layanan Google Translate baru ada dua, yakni Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda.

Terkait adanya Bahasa Jawa, Putri mengungkapkan bahwa pada saat itu masyarakat etnis Jawa cukup banyak, sehingga permintaannya pun ikut membeludak. Jawa, kata dia, merupakan salah satu pulau dengan penduduk terbesar.

Sayangnya, Putri mengaku belum tahu kapan penambahan bahasa itu terjadi, meski Google mengatakan tidak menutup kemungkinan.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

"Sekarang, kami lihat dulu kondisi permintaannya. Sebab, setiap Google memberikan keputusan untuk mengeluarkan produk, itu pasti melihat apa yang paling banyak dibutuhkan. Itu yang akan diprioritaskan," ujar dia.

Bahasa Indonesia Banyak Digunakan

Terkait penggunaan Bahasa Indonesia, Putri mengatakan bahwa netizen sering menggunakannya. Bahkan, Bahasa Indonesia menjadi tren di layanan itu. Namun, disayangkan, ia tak bisa membeberkan data penggunaan masyarakat Indonesia yang memanfaatkan Google Translate.

"Setiap harinya Google Translate menjadi tren di kami dan masuk ke dalam Google Trends. Artinya, ini menjadi tren karena diakses oleh ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan. Itu artinya, Google Translate terjemahan ke Bahasa Indonesia sangat diminati oleh masyarakat," tutur Putri.

Diberitakan sebelumnya, perusahaan teknologi itu meluncurkan fitur terbaru pada aplikasi Google Translate. Fitur yang dimaksud adalah pengguna smartphone dapat menerjemahkan rambu-rambu jalan, menu restoran, atau tanda apa pun hanya dengan mengandalkan layar kamera. (art)

Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016