Saat ini, Kamera Ponsel Bisa Terjemahkan Bahasa Asing

Fitur baru Google Translate
Sumber :
  • iDownload

VIVA.co.id - Google terus mengembangkan layanan yang menjadi primadona netizen, yaitu Google Translate. Perusahaan perangkat lunak ini melakukan terobosan, layanan terjemahannya itu dapat dinikmati tanpa koneksi internet.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google Translate secara offline sebenarnya bukan teknologi baru, karena sudah diperkenalkan sejak 2013. Namun, yang menjadi sorotan kali ini adalah koneksi offline saat menerjemahkan bahasa menggunakan kamera. Google Translate dapat menerjemahkan bahasa asing, setelah kamera ponsel mengarahkan kalimat yang ingin diterjemahkan.

Dan terhitung mulai hari ini, para pengguna Google Translate di Indonesia pun bisa menikmati teknologi visual itu, sehingga bisa menerjemahkan teks secara real time.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

Product Manager Google Translate Julie Catteau mengatakan, pihaknya menyadari kalau pengguna sangat membutuhkan alat penerjemah ketika mereka jauh dari komputer atau saat mereka tidak terhubung dengan internet.

"Kami bekerja keras untuk terus memberikan pengalaman baru sesuai kebutuhan pengguna, maka kami senang sekali bisa menyediakan bagi pengguna di Indonesia," kata Catteau dalam video conference dengan awak media di Kantor Google, Jakarta, Kamis, 30 Juli 2015.

Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India

Untuk dapat merasakan layanan Google Translate tersebut, netizen hanya perlu mengunduh aplikasinya di Play Store bagi pengguna ponsel Android dan App Store teruntuk ponsel iOS. Setelah itu, pengguna tinggal menekan ikon kamera, lalu mengarahkannya pada teks Bahasa Inggris yang ingin diterjemahkan, seperi rambu-rambu jalan yang kurang dimengeti atau menu di restoran. Hasilnya, pengguna akan mendapatkan terjemahan sesuai bahasa yang diinginkan di layar ponsel.

"Setengah dari konten internet tersedia dalam Bahasa Inggris tapi hanya 20 persen dari populasi dunia yang fasih berbahasa Inggris. Semoga usaha kami ini bisa membantu Anda berkomunikasi dan menemukan informasi yang dibutuhkan, di mana pun dan kapan pun," ujarnya menambahkan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang bahasanya bisa terdeteksi pada aplikasi Google Translate. Selain itu, terdapat puluhan bahasa yang dapat diterjemahkan dari dan ke Bahasa Inggris. Bahasa yang dimaksud, yaitu Indonesia, Lithuania, Norwegia, Polandia, Romania, Slovakia, Swedia, Turki, Ukrainia, Bulgaria, Catalan, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Filipina, Finlandia dan Hungaria.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya