Ini Cara Kominfo Atasi Tarif Internet yang Mencekik

Ilustrasi internet
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu, mengatakan bahwa sebelum dikeluarkan peraturan tarif data maka pemerintah akan melakukan tiga langkah kebijakan. Hal ini juga sebagai upaya pemerintah dalam meratakan akses pita lebar (broadband) di seluruh wilayah Indonesia.

Tiga langkah yang dimaksud yakni untuk tetap memperhatikan kepentingan masyarakat dalam mendapatkan layanan internet dengan harga yang terjangkau (affordable price) dan kepentingan keberlangsungan usaha penyelenggara telekomunikasi (industry sustainability).

Tiga langkah tersebut dibagi menjadi jangka pendek, menengah, dan panjang. Untuk jangka pendek, pemerintah meminta penyelenggara-penyelenggara telekomunikasi yang menawarkan layanan internet dengan tarif berdasarkan zonasi agar melakukan penghitungan ulang tarif layanan internet.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat

"Sehingga dapat memperkecil disparitas tarif pungut atau retail layanan internet antara zona yang satu dengan zona yang lain di seluruh wilayah Indonesia," kata Ismail dalam keterangannya, Kamis, 30 Juli 2015.

Kemudian pada jangka menengah, lanjut dia, pemerintah akan menyusun dan menerapkan regulasi. Tujuannya untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana Kewajiban Pelayanan Umum (Universal Service Obligation/USO) untuk mendukung percepatan pemerataan layanan broadband.

"Lalu, mendorong efisiensi pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi (infrastructure sharing) dan menghasilkan formula penghitungan biaya interkoneksi yang fair serta tarif pungut atau retail yang terjangkau, baik untuk layanan suara, SMS dan data atau internet," tutur dia.

Dan pada jangka panjang, pemerintah akan menyelesaikan proyek Palapa Ring dan Rencana Pita Lebar Indonesia 2014 - 2019, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2014, sehingga kesenjangan atau gap penyediaan layanan internet dapat teratasi.

Dengan upaya tiga langkah yang diambil oleh pemerintah dan melaksanakannya bersama seluruh pemangku kepentingan di bidang telekomunikasi, diharapakan dapat tersedia layanan telekomunikasi,

"Termasuk layanan internet yang merata dengan tarif terjangkau di seluruh wilayah Indonesia, dengan tetap menjaga kompetisi dan keberlangsungan industri telekomunikasi yang sehat, serta kualitas layanan yang baik bagi seluruh masyarakat Indonesia," ucap Ismail.

Apple iPhone.

Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia

Direksi Apple sudah datang ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016