5 Fitur Windows 10 yang Bisa Bikin Iri Pecinta Apple

Cortana di Windows 10
Sumber :
  • Microsoft

VIVA.co.id - Raksasa teknologi asal AS, Microsoft, merilis sistem operasi terbaru, Windows 10, secara global pada hari ini. Dalam platform barunya tersebut, Microsoft membawa beberapa hal yang menarik dan memudahkan aktivitas bagi pengguna. Windows 10 juga memiliki sisi yang perlu didalami.

Bahkan, menurut laman Time, Rabu 29 JUli 2015, beberapa hal dari Windows 10 tidak ditemukan pada platform lainnya, misalnya sistem operasi besutan Apple.

6 Bulan, Windows 10 Sudah Aktif pada 200 Juta Perangkat

Fitur yang hanya ada di Windows 10 disebutkan bisa menimbulkan rasa 'cemburu' bagi pengguna Apple. Berikut fiturnya:

Layar lebih pintar

Windows 10 memiliki fitur sensor layar yang dinamakan Continuum. Fitur ini mampu menyesuaikan tata letak perangkat berdasarkan bagaimana cara pengguna memakainya. Jika pengguna memakai Window 10 dengan layar sentuh, maka sistem operasi ini akan tampil dengan menu kecil dan menebalkan tombol. Demikian juga jika pengguna memakai PC maka akan menyesuaikan.

"Itu adalah jenis perangkat yang tidak ada di ekosistem Apple. Apple memiliki desain ramping, tapi mereka tidak punya keragaman (perangkat)," kata Analis utama Forrester, JP Gownder.

Halaman web bisa diedit

Browser Windows 10, Microsoft Edge, hadir memanjakan penggunanya. Browser itu membuat halaman web bisa diedit dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan pena digital atau distabilo.

Gownder mengatakan pengguna yang ingin menemukan hal baru selain halaman web statis bisa menggunakan opsi tersebut.

Fitur Snap

Fitur ini memudahkan pengguna saat menjalankan aktivitas multitasking. Sebenarnya fitur ini melanjutkan dari yang ada pada Windows 7 sebelumnya, tapi ditingkatkan.

Pencarian lebih luas

Microsoft ingin mmberikan kemudahkan kepada pengguna dengan pencarian yang lebih luas. Nantinya pada bar pencarian yang tertanam di layar awal Windows 10 bisa menyesuaikan dengan apa saja yang hal yang tersimpan dalam perangkat, akun komputasi awan dan web.

Nah, dengan demikian ini akan membantu dalam pencarian. Bahkan hasil pencarian nanti akan tampil dalam menu pop-up, sehingga pengguna tak perlu meluncurkan jendela browser yang terpisah.

Asisten digital

Fitur asisten andalan di Windows 10, Cortana, diklaim akan mampu bersaing secara head to head dengan Siri, besutan Apple, dalam hal perintah suara. Microsoft mengatakan Cortana bisa lebih pribadi dibanding kompetitornya.

Misalnya Cortana bisa 'membaca' kecenderungan kebutuhan pengguna misalnya dalam berita, masakan atau aplikasi. (ren)

Sistem operasi Windows di Microsoft Lumia

Lumia Kini Bisa Upgrade ke Windows 10

Microsoft memberikan panduan untuk upgrade.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2016