Detox ala Simpanse yang Ditiru Artis Hollywood

Simpanse di hutan Uganda sedang mengunyah lumpur
Sumber :
  • Science Daily/Anne Schel

VIVA.co.id - Masalah detoksifikasi, atau meghilangkan racun dalam tubuh secara alami, tidak hanya dilakukan oleh manusia. Diketahui, simpanse juga melakukan detox untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh mereka.

Hanya saja, menurut penelitian ilmuwan biologi, simpanse (yang merupakan kerabat terdekat manusia) itu melakukan detoksifikasi dengan cara yang berbeda, yaitu makan tanah liat atau lumpur. Ilmuwan menemukan, simpanse di hutan Uganda memakan lumpur sebagai suplemen mineral dalam diet mereka.

Dilansir melalui Daily Mail, Rabu 29 Juli 2015, para peneliti mengamati pola simpanse di hutan Budongo. Mereka makan dan minum dari lubang tanah liat dan gundukan rayap. Peneliti percaya, simpanse sengaja memakan lumpur karena kudapan favorit mereka, daun pohon raffia sudah punah dan tidak lagi tersedia di hutan itu.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Daun raffia sebelumnya dikenal sebagai asupan mineral penting bagi diet para simpanse. Hal ini terjadi sebelum tahun 2000. Pada 2005, simpanse berhenti memakan daun raffia karena pohon tersebut telah dibabat habis oleh pengusaha tembakau untuk memaksimalkan pertumbuhan pohon bahan baku rokok itu.

"Simpanse mencelupkan daun ke dalam air tanah dan memeras air itu dengan lidah mereka. Mereka juga menggunakan jari untuk mengambil gundukan lumpur langsung dari tanah. Kami yakin jika memakan tanah liat bisa membantu menetralisir kadar tanin yang tinggi dalam diet mereka," ujar ketua tim peneliti, Vernon Reynolds, dari Oxford University.

Dikatakan Reynolds, pola detoks ini juga ternyata dilakukan oleh penduduk wanita di wilayah Budongo. Mereka memakan lumpur hutan yang dicampur air untuk mengobati keram perut atau saat hamil. Tanah lumpur yang merupakan lempung kaolinit ternyata memiliki kadar aluminium, kalsium, zat besi, magnesium, dan potassium yang tinggi.

Temuan Reynolds dan timnya ini dipublikasikan di jurnal PLoS One.

Ternyata, menurut majalah Grazia, diet lumpur ini telah diterapkan sejak lama oleh selebriti Hollywood, seperti Zoe Kravitz dan Elle Macpherson.

Sayangnya, pada 2012, badan standar makanan telah mengeluarkan peringatan untuk menghentikan diet lumpur ini. Sebab, ditemukan kadar arsenik yang tinggi pada minuman detoks atau suplemen dari lumpur. Hal ini sangat berbahaya bagi anak-anak dan wanita hamil. (art)

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016