Puncak Lebaran, Smartfren Panen Data dan Panggilan

Smartfren Ramadan 2014
Sumber :
  • Vivanews/ AgusTH

VIVA.co.id - PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) mengklaim telah melayani dengan baik kepada pelanggannya selama puncak Idul Fitri 2015. Disebutkan, seluruh pelanggan dapat berkomunikasi dengan baik dan nyaman walaupun terjadi kenaikan trafik telekomunikasi.

Kesuksesan tersebut, karena operator CDMA itu telah melakukan kesiapan seluruh jaringannya untuk menghadapi peningkatan lonjakan trafik telekomunikasi saat mudik Lebaran kemarin.

Berdasarkan siaran persnya kepada VIVA.co.id, Selasa 28 Juli 2015, kesiapan jaringan Smartfren untuk masa Lebaran 2015 tidak terlepas dari upaya meminimalisir problem jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik jaringan, dan upaya menjangkau blind spots.

Bahkan, sebelum memasuki bulan Ramadhan, Smartfren mengoptimalkan infrastruktur pada high traffic area, kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 40 persen, sedangkan ketersediaan dan dan kepercayaan jaringan dimaksimalkan hingga level 99,85.

”Menjadi komitmen kami untuk terus memberikan pelanggan terbaik dalam menikmati layanan dalam situasi apapun, termasuk saat terjadinya lonjakan trafik telekomunikasi pada puncak Lebaran,” kata Direktur Smartfren, Roberto Saputra.

Smartfren: Ponsel Andromax Tak Bakal Redup

Trafik di kota pemudik

Seperti operator GSM lainnya, Smartfren pun turut mengalami peningkatan trafik telekomunikasi bila dibandingkan trafik reguler pada hari normal. Dipaparkan, secara nasional kenaikan trafik pada jaringan Smartfren terjadi pada tiga hari Idul Fitri, atau tepatnya pada 16-18 Juli.

Untuk trafik penggunaan data meningkat sekitar 10–15 persen dari trafik pada hari-hari biasa. Sementara itu, untuk layanan SMS naik sekitar 14 persen. Sedangkan untuk layanan panggilan suara lonjakan panggilan meningkat sekitar 40-50 persen di kota-kota tujuan mudik di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.  

Keberhasilan jaringan Smartfren melayani pelanggan dengan baik selama masa Lebaran 2015 juga tidak terlepas dari pengaktifan tujuh kantor regional di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang. Ketujuh kantor itu telah beroperasi 24x7 selama liburan Lebaran.

Kesiapan Smartfren pada puncak Lebaran 2015 diperkuat 800 staf yang dilengkapi kendaraan operasional dan siap bergerak kapan saja diperlukan bila terjadi gangguan jaringan.

Perangkat yang dikerahkan untuk kesiapan jaringan mencakup lebih dari 120 EMS (Equipment Management Systems) yang dioperasikan di semua kantor regional. Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh NOC (Network Operations Center) yang ada di Jakarta dan Surabaya. (asp)

Bumikan Internet Cepat, Smartfren Gandeng Lenovo
Head of Brand and Marketing Communication Smartfren, Derrick Surya (kanan).

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

Satu modem bisa dipakai untuk 23 perangkat.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016