Vatikan Ragukan Potensi Planet 'Saudara Tua' Bumi

Ilustrasi planet dan Bumi.
  • REUTERS/NASA/Ames/JPL-Caltech/T. Pyle/Handout

VIVA.co.id - Temuan 'saudara tua' bumi, planet Kepler-452b oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pekan lalu mendapat respons dari berbagai kalangan di belahan dunia.

Banyak harapan yang dititipkan dari planet yang mirip dengan bumi. Salah satu harapannya, 'saudara tua' bumi itu bisa benar-benar layak huni sehingga bisa menjadi alternatif lokasi tempat tinggal manusia di masa depan.

Namun tanggapan berbeda disampaikan oleh astronom Vatikan. Dikutip dari Catholicculture, Senin 27 Juli 2015, disebutkan astronom Vatikan malah pesimis, ragu dengan harapan temuan 'saudara tua' bumi tersebut.

Direktur Vatican Observatory, Jose Gabriel Funes, berpandangan 'sangat skeptis' dengan Kepler-452b tersebut. Funes tak yakin 'saudara tua' bumi itu akan membawa temuan kehidupan luar bumi di masa depan.

Dalam menyampaikan keraguannya itu, Funes mengulas pendapat beberapa pastur gereja di masa lalu. Dalam ulasannya di sebuah surat kabar Vatikan, Funes mengulas pendapat Santo Albetus Agung (filusuf Jerman yang merupakan astronom), Nicholas Cusa (filusuf Jerman) dan yang lainnya.

Funes menuliskan para pastur tersebut pada masa lalu telah mengutarakan teorinya tentang kemungkinan kehidupan luar bumi. Funes mengatakan salah satu tokoh pelopor astrofisika, Angelo Secchi berpikir bahwa ada dunia lainnya yang mana bisa dihuni.

Meski ia mengaku ragu dengan 'saudara tua' bumi itu, tapi berdasarkan ulasan dari pada pastur tersebut, ia menuliskan mereka memang berkeyakinan ada potensi tempat selain bumi yang bakal layak huni.

"Tampaknya sebagian besar bintang di galaksi kita, setidaknya berpotensi memiliki planet yang mana kehidupan bisa berkembang," tulis Funes.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan telah menemukan sebuah planet yang menyerupai Bumi. Planet tersebut berhasil ditemukan oleh Kepler Space Telescope.

Planet yang dinamakan Kepler-452b ini, diklaim merupakan satu-satunya planet yang benar-benar mirip dengan Bumi dibandingkan hasil penemuan planet sebelumnya. Bahkan, ukuran Kepler 452b pun sama persis dengan Bumi, namun lebih besar 1,6 kali dari planet yang dihuni manusia ini. (ren)