NASA Kehilangan Salah Satu Peneliti Terbaiknya

Peneliti NASA Claudia Alexander meninggal dunia.
  • www.space.com
Teleskop Penemu 1.000 Planet Rusak Lagi
- Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang dilanda "awan gelap". Salah satu peneliti terbaiknya, yaitu, Claudia Alexander, mengembuskan napas terakhir pada 11 Juli 2015. Alexander merupakan ilmuwan yang meneliti Jupiter.

NASA Uji Coba Kamera Baru Observasi Gerhana Matahari Total

NASA menyampaikan, Alexander meninggal dunia setelah hampir selama 10 tahun terakhir melawan kanker payudara. Diketahui, perempuan tersebut wafat di usia 56.
NASA Gandeng LAPAN, Observasi Gerhana Matahari Total

Alexander merupakan salah satu sosok peneliti yang diandalkan oleh NASA. Selama berkiprah di dunia ilmu pengetahuan, Alexander telah meninggalkan jejak studi pembentukan komet, Jupiter dan bulannya, magnetospheres, lempeng tektonik, ruang plasma, angin surya, dan planet Venus. Selama perjalanannya itu, ia telah menulis 14 karya ilmiah.

"Claudia membawa kombinasi langka, keterampilan yang langka pada pekerjaannya sebagai seorang penjelajah luar angkasa," ujar Charles Elachi, direktur Jet Propulsion Laboratory NASA, dikutip dari
Space
, Rabu, 22 Juli 2015.

Elachi melanjutkan, gelar doktor di bidang Fisika yang direngkuh oleh Alexander, membuat ia semakin paham akan bagaimana penemuan ilmiah dapat memengaruhi semua.

"Dan bagaimana prestasi terbesar kita adalah hasil dari kerja sama tim yang datang dengan mudah kepadanya. Wawasannya dalam proses ilmiah ini sangat dirindukan," kenang dia.

Alexander lahir di Kanada pada 1959. Namun, ia tumbuh dewasa di California, Amerika Serikat, mengikuti keluarganya. Alexander bergabung dengan NASA sejak 1986. Ia menjadi saksi kehancuran komet pada 1994 dan mengungkap atmosfer Jupiter untuk pertama kalinya.

Sesudah itu, Alexander tergabung dalam misi Galileo, kemudian menjadi pengelolanya. Misi tersebut merupakan proyek NASA untuk meneliti Jupiter. Saat menjadi pengelola proyek misi Galileo pada 2003, ia menyaksikan langsung ketika pesawat nirawak tersebut menabrak atmosfer.

"Ini sangat sedih melihat kematian dari pesawat luar angkasa (Galileo)," ujar Alexander kala itu.

Prestasi Alexander semakin diperhitungkan, saat menjabat proyek ilmuwan untuk misi Rosetta dalam meneliti komet 67 P/Churyumov-Gerasimenko. Di sana, ia bertugas untuk membantu mendaratkan robotik Philae di komet 67 P. (art)