Tiga Prioritas Matangkan Roadmap E-commerce

Rudiantara
Sumber :

VIVA.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan, akan mematangkan roadmap e-commerce dengan pelaku usaha belanja online yang tergabung dalam Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA).

"Untuk membahas persiapan roadmap e-commerce yang kami perlukan. Maka dari itu, kami perlu bertemu dengan masing-masing stakeholder, yang utamanya diwakili oleh idEA," kata Rudiantara usai Halal bi Halal di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu, 22 Juli 2015.

Ia menjelaskan, dalam industri e-commerce itu dibagi tiga segmen. Pertama, startup atau perusahaan-perusahaan yang dimulai dari awal. Segmen kedua, ada usaha kecil dan menengah (UKM), di mana Indonesia memiliki sekitar 55 juta UKM yang tersebar di seluruh daerah.

"Bagaimana UKM-UKM ini didorong untuk masuk ke industri e-commerce," kata Rudiantara.

Nielsen: Optimisme Konsumen Online Indonesia Meningkat

Dan, kemudian, segmen yang terakhir, perusahaan e-commerce yang sudah ada, seperti Blibli, MatahariMall, Tokopedia, dan lain-lain.

"Nanti, dari sisi Kominfo memberi perizinan itu, mereka tidak meminta izin kepada Kominfo untuk memulai (bisnis) e-commerce, tetapi hanya mendaftar," kata dia.

Namun, sebelum beroperasi, Rudiantara menambahkan, harus ada proses yang namanya sertifikasi atau akreditasi. "Nah, saya lebih senang akreditasi. Akreditasi itu sama dengan sertifikasi, tapi dilakukan oleh industri," tutur dia.

Rudiantara menjelaskan, mengapa harus ada proses akreditasi. Karena, hal tersebut ada kaitannya dengan perlindungan konsumen.

Ada Reshuffle, Menteri Kominfo Rudiantara Batal ke Bali

Terkait ini, menurut Rudiantara, sudah dalam pembahasan dengan delapan kementerian dan lembaga, di antaranya Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, dan Bank Indonesia.

"Setelah selesai, nanti kami bawa ke rapat lebih tinggi lagi di bulan Agustus untuk di-endorse oleh pemerintah sebagai roadmap e-commerce," ujarnya. (art)

Ilustrasi Belanja Online.

Platform Ini Khusus untuk Belanja Produk Kesehatan

Pelopor gaya hidup sehat yang menyediakan produk kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2016