Stephen Hawking Dukung Proyek Berburu Alien

Stephen Hawking.
Sumber :
  • Facebook/Jaime Travezan
VIVA.co.id
Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru
- Fisikawan terkemuka, Stephen Hawking, menyatakan dukungannya terhadap proyek berburu kehidupan alien di alam semesta ini. 

Trik Aneh Ini Diyakini Bisa Temukan Alien
Proyek yang bernama "breakthrough listen" ini dibuat oleh miliader asal Rusia, Yuri Milner, dengan mendonasikan uang sebesar US$100 juta atau setara Rp1,3 triliun.

Lima Lukisan Kuno Ini Buktikan Adanya Alien
Dilansir dari Sidney Morning Herald, Selasa 21 Juli 2015, Hawking mengungkapkan ilmu pengetahuan telah menjelaskan 'terang bintang', tetapi bukan bintang yang bersinar menerangi bumi.

"Di suatu tempat di alam semesta, mungkin ada kehidupan lain yang menonton kita. Sudah waktunya untuk berkomitmen untuk menemukan jawaban tersebut. Kita harus tahu," ujar Hawking, yang mengidap penyakit langka Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS).

Hawking mengungkapkan, sangat memungkinkan kalau manusia tidak hidup sendirian di alam semesta ini, sehingga diperlukan sebuah penelitian yang dapat mengungkap misteri tersebut.

"Sangat mungkin bahwa ada kehidupan di luar sana, tapi kita belum mengetahuinya," imbuh pria yang kisah perjalanan hidupnya dijadikan film di The Theory of Everything ini.

Dikutip dari laman BGR, sebelumnya miliader Yuri Milner menyatakan siap memberikan donasi sebesar US$100 juta (Rp1,3 triliun) untuk berburu alien.

Disebutkan, dana tersebut digunakan untuk menyewa teleskop terbaik yang ada di dunia selama 10 tahun ke depan. Nantinya, teleskop tersebut digunakan untuk memindai tanda-tanda kehidupan di galaksi.

Beberapa alat astronomi yang akan digunakan tersebut, yaitu teleskop Green Bank dan teleskop Parkes. 

Direncanakan, Green Bank akan mulai beroperasi Januari 2016 dan Parkes bergabung pada September 2016.

Salah satu pemimpin proyek, Astronomi Profesor Geoffrey Marcy dari University of California Barkeley, mengatakan rasa senangnya saat mendengar Parkes akan ikut bergabung dalam berburu alien. 

Parkes diketahui merupakan salah satu teleskop radio terbaik di dunia, di mana pernah menciptakan sejarah dengan memberikan sinyal saluran televisi saat manusia pertama mendarat di bulan pada 1969 lalu.

"Itu (Parkes) sangat inspiratif dan itu sangat tepat untuk ditunjuk dalam penelitian ilmu pengetahuan," ungkap Marcy. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya