Indonesia Paling 'Cerewet' Saat Ramadhan

Ilustrasi Twitter.
Sumber :
  • REUTERS/Kacper Pempel

VIVA.co.id - Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 H memang telah berlalu. Meski demikian, ada sisa-sisa kemeriahan yang tersimpan dan terpantau di media sosial Twitter.

Twitter Hadirkan #Blueroom di RI, Pertama di Asia Tenggara

Sebagai platform yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi secara real time, Twitter mencatat percakapan umat Muslim di seluruh penjuru dunia yang merayakan Ramadhan dan Idul Fitri bersama-sama.

Berdasarkan keterangan tertulis Twitter yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 21 Juli 2015, sepanjang bulan puasa, ada lebih dari 8,4 miliar kicauan tentang Ramadhan di media sosial berlogo burung itu.

#BlueRoom, Wadah Temu Kreator Konten dan Audiens Twitter

Menariknya, Indonesia merupakan negara paling 'cerewet' di dunia selama bulan Ramadhan kemarin.

Hal ini diketahui, setelah Twitter memetakan percakapan tersebut. Peta ini menampakkan percakapan momen Ramadhan selama satu bulan terakhir, dan ditandai dengan warna kuning terang, bentuk aktifnya pengguna selama puasa kemarin.

Gubernur Ganjar Minta Bupati Semarang Main Twitter

Namun disayangkan, pihak Twitter tidak memberikan penjelasan mengenai jumlah percakapan secara spesifik yang terjadi di Tanah Air pada bulan Ramadhan tersebut.

"Salat Ied bersama warga Kel Cibuntu, Bandung Kulon," tulis Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, saat akan melaksanakan salat Ied bersama warganya.

"Mohon maaf lahir dan batin yaaa.. Selamat #lebaran Selamat liburan!," tulis Sogi Indra Dhuaja di akunnya @sisogi.

Twitter Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Perayaan Lebaran tahun ini pun semakin meriah dengan adanya Periscope. Periscope adalah sebuah aplikasi terbaru rancangan Twitter, dimana pengguna memungkinkan untuk melakukan pengambilan gambar secara langsung.

"LIVE on #Periscope: Happy Ied Mubarak from London!," @vidialdiano

"LIVE on #Persicope: lebaran di rumah ortu ku," @indrabektiasli

"LIVE on #Pericopse: Selamat hari raya Idul Fitri," @lunamaya26

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya