Bikin 'Smartphone' Lagi, Nokia Cari Kawan Kelas Dunia

Kantor Pusat Nokia di Finlandia.
Sumber :
  • REUTERS/Antti Aimo-Koivisto/Lehtikuva

VIVA.co.id - Nokia memastikan akan kembali bertarung pada bisnis ponsel pintar. Perusahaan berbasis di Finlandia itu mengatakan secara resmi akan kembali membuat dan menjual ponsel mobile.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Nokia Technologies, Robert Morlino, mengatakan perusahaan memang akan kembali mencoba peruntungan pada bisnis ponsel pintar. Tapi dalam memproduksinya, Nokia tak akan sendirian.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa, 14 Juli 2015, Nokia akan menggandeng 'mitra kelas dunia' untuk kembali ke bisnis ponsel pintar.

Morlino mengatakan Nokia percaya kembali membuat ponsel mobile adalah jalur yang tepat bagi perusahaan. Nantinya Nokia akan mengelurkan model dengan model bisnis lisensi brand produk.

Mitra kelas dunia yang dimaksud Nokia akan diproyeksikan untuk menyokong produksi, penjualan dan pemasaran handset yang memiliki brand Nokia. Mitra tersebut juga akan akan memberikan dukungan pelanggan.

Dalam kerja sama tersebut, Nokia akan bertanggungjawab memandu desain dan diferensiasi teknologi pada produk yang diproduksi.

Morlino mengatakan saat divisi Device dan Servive perusahaan dijual ke Microsoft beberapa tahun lalu, Nokia juga menyerahkan kemampuan produksi, pemasaran, distribusi channel kepada Microsoft yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menjual ponsel mobile.

Nokia mengatakan ponsel besutan mereka baru muncul di pasar setelah kuartal akhir 2016. Hal ini terkait dengan perjanjian pembelian dengan Microsoft.

Tapi, perjanjian dengan Microsoft itu tak mematikan gerak Nokia dalam bisnis perangkat. Sebab, beberapa bulan setelah mengikat janji dengan Microsoft, Nokia meluncurkan tablet N1 dengan lisensi brand baru. Nokia melisensi dan mendesain tablet N1, sementara untuk produksi perangkat itu dijalankan oleh perusahaan manufaktur Taiwan, Foxconn.

Pada April lalu, Nokia juga mengakuisisi Alcatel-Lucent dengan mahar US$17,8 miliar. Akuisisi itu disebutkan untuk memperkuat bisnis perangkat jaringan Nokia.

Nokia akan Kembali Bikin Smartphone
Nokia 1100

iPhone Belum Selaris Ponsel Ini

Ponsel Nokia 1100 terjual 250 juta unit.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2015