Trafik Layanan SMS di Jateng & DIY Diprediksi Naik 50%

Telkomsel.
Sumber :
  • http://www.gadgetgan.com/telkomsel-beri-fasilitas-internet-gratis-ke-lima-kampus-di-indonesia-4952

VIVA.co.id - Perusahaan provider telekomunikasi Telkomsel siap memanjakan para pemudik yang pulang ke kampung halamannya di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat

Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi terjadi lonjakan trafik layanan SMS dan layanan data hingga sekitar 50 persen.

GM ICT Network Operation Telkomsel Region Jateng dan DIY, Iswandi, mengatakan pada masa-masa menjelang mudik dan saat Lebaran lonjakan trafik akan mencapai puncaknya. Dibandingkan dengan layanan voice maupun SMS, peningkatan trafik paling tinggi terdapat pada layanan data.

"Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata di Jateng dan DIY dibandingkan hari biasa. Pada layanan SMS akan naik antara 49,43 persen, atau 80 juta SMS, dan layanan data melonjak hingga 52,63 perseb atau 164,56 Tera Byte," kata dia di Solo, Selasa malam, 7 Juli 2015.

Wilayah Jateng dan DIY, dijelaskan Iswandi menjadi daerah primadona bagi pemudik. Jika dilihat dari tahun ke tahun jumlah pemudik di wilayah tersebut merupakan yang paling besar. Bahkan, pihaknya memperkirakan saat arus mudik dan Lebaran nanti jumlah pelanggan Telkomsel yang masuk wilayah itu akan mencapai tiga juta.

"Jumlah pelanggan di wilayah Jateng dan DIY itu sekitar 13 juta pelanggan. Nah, nanti ketika saat arus mudik dan Lebaran berarti ditambah tiga juta pelanggan yang masuk wilayah Jateng dan DIY, jadi bisa menjadi 16 juta pelanggan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, pihaknya mengantisipasinya dengan menyiapkan ketersediaan Visiton Location Register (VLR), atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Di sepanjang jalur utama mudik Jateng dan DIY telah disediakan kelonggaran sebesar 40 persen hingga 60 persen. Dengan begitu akan membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel.

"Di lokasi-lokasi yang mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi, Telkomsel akan memaksimalkan kapasitas dan juga menyediakan sebanyak sembilan unit COMBAT (COMPACT Mobile BASE sTation) untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data di lokasi yang padat pengunjung," kata Iswandi. (asp)

Menkominfo: Permen Interkoneksi Terbit September 2016
Apple iPhone.

Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia

Direksi Apple sudah datang ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016