Smartfren Berambisi Siapkan 4G LTE di 22 Kota di Indonesia

Peluncuran Smartfren 4G LTE
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps
- Layanan 4G LTE telah menyebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Semua operator berlomba menyajikan layanan terbaiknya, tidak terkecuali Smartfren.

Demi 4G LTE, XL dan Indosat Ooredoo Saling Berbagi

Smartfren merupakan salah satu dari empat operator yang menghadirkan layanan akses internet mobile kecepatan tinggi, 4G LTE. Operator lainnya adalah Telkomsel, XL, Indosat dan Hutchison Tri. Secara resmi mereka mengklaim telah menyelimuti lima kota Indonesia dengan 4G LTE.
Smartfren: Ponsel Andromax Tak Bakal Redup


Smartfren sendiri memilih kota Batam untuk meluncurkan layanan data terbarunya. Meski hanya Batam yang terekspos, Smartfren mengklaim telah ikut terjun dalam ekosistem 4G LTE.


"Smartfren akan mempersiapkan hadirnya layanan 4G LTE di 22 kota besar di Indonesia pada Semester ke-2 tahun ini," ujar Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Telecom, dalam keterangannya, Selasa 7 Juli 2015.


Ditambahkannya, sebelumnya Smartfren telah mempersiapkan kehadiran LTE dengan menggelontorkan rangkaian smartphone berbasis 4G. Setidaknya ada lima jenis Smartphone dan dua perangkt Mifi Andromax berbasis 4G LTE.


Beberapa seri yang mereka keluarkan adalah Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Ec, dan Andromax Es. Kelima perangkat tersebut diklaim sebagai smartphone Andromax 4G LTE pertama di pasar Indonesia. Lainnya, dua device MiFi 4G LTE adalah Andromax M2P dan Andromax M2Y.


“Ini menunjukkan komitmen Smartfren untuk ikut mewujudkan ekosistem mobile broadband yang akan mengisi Indonesia Broadband Plan 2019. Kami berharap, apa yang telah dipersembahkan Smartfren ini akan menjadi bagian dari Smartfren Membangun Negeri, dengan tetap menjamin dan mengedepankan hak serta kepuasan pelanggan sebagai prioritas yang utama di era 4G,” tegas Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys.


Penggelaran 4G LTE ini merupakan langkah nyata sinergi pemerintah, operator dan masyarakat dalam meningkatkan layanan mobile internet di Indonesia. Percepatan pembangunan jaringan pita lebar (broadband) 4G LTE, dikatakannya, akan dilakukan secara merata di seluruh wilayah Indonesia sehingga lebih banyak lagi yang merasakan manfaatnya untuk mewujudkan Masyarakat Digital Indonesia.


Sementara itu, pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika telah berupaya melakukan penataan frekuensi pada pita frekuensi radio 1800 MHz dan 800 Mhz agar masing-masing operator mempunyai alokasi frekuensi berdampingan sehingga cukup memadai dalam menyediakan akses broadband bergerak yang lebih optimal.


Jika empat operator GSM lain mengandalkan frekuensi 950 MHz dan 1800 MHz untuk 4G LTE, Smartfren lebih suka berada di frekuensi 850 MHz. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya