Ini Ponsel 4G yang Diklaim Murah Sedunia

EE Rook, smartphone 4G termurah
Sumber :
  • Trusted Review

VIVA.co.id - Seiring meluasnya pasar 4G LTE di berbagai belahan dunia, makin banyak bermunculan perangkat yang mendukung jaringan tersebut. Sayangnya, ponsel yang mendukung 4G LTE saat ini masih tergolong mahal.

Ponsel 4G di Bawah Rp1 Juta Diluncurkan

Untuk di Indonesia saja, ponsel yang mendukung teknologi telekomunikasi generasi keempat ini masih kisaran jutaan.

Memang ada peluang ponsel 4G di Indonesia akan makin murah seiring dengan matangnya ekosistem. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, yakin saat ekosistem sudah matang, maka pada 2018 harga ponsel 4G bisa mencapai Rp400 ribuan.

Bicara soal ponsel 4G murah, belum lama ini perusahaan telekomunikasi mobile Inggris, EE Limited, merilis ponsel 4G yang diklaim paling murah sedunia. EE meluncurkan ponsel 4G EE Rook, yang dibanderol sekitar Rp1,01 juta. Bahkan, jika pengguna sebelumnya adalah pelanggan EE, bisa mendapatkan harga spesial, hanya Rp809 ribu.

Dikutip dari TrustedReview, Selasa 7 Juli 2015, ponsel ini hadir dengan dukungan prosesor quad core MediaTek yang memiliki kecepatan 1 GHz dipadu dengan RAM 1GB. Untuk penyimpanan, EE Rook hadir dengan kapasitas 8 GB, yang dapat ditingkatkan hingga 32 GB melalui slot micro SD.

Ponsel 4G termurah ini sudah menjalankan sistem operasi Android terbaru Lollipop.

Bicara soal kamera, meski terjangkau, EE Rook mengusung 5 MP pada kamera depan. Layar ponsel ini hadir dengan bentang layar 4 inchi dilengkapi resolusi FWVGA. Sementara itu, untuk menunjang performa, EE Rook dibekali dengan baterai kapasitas 1500 mAh.

Menurut EE, ponsel 4G murah ini memang dihadirkan untuk menyasar pelanggan segmen menengah ke bawah.

"Kami yakin, setiap orang sudah seharusnya mendapatkan akses ke 4G dengan pengalaman ponsel yang memberikan akses ke jaringan tersebut," kata Sharon Meadows, direktur perangkat EE.

Meadows mengatakan, ponsel EE Rook merupakan ponsel 4G yang berbeda dalam memberikan pengalaman jaringan internet cepat.

"Ponsel ini memungkinkan lebih banyak orang menikmati manfaat jaringan mobile supercepat. Mulai dari browsing, mengunduh, sampai bermain game dan streaming dengan cepat," kata dia.

Menariknya, sebagai penawaran, pengguna yang membeli ponsel murah 4G ini akan mendapatkan diskon 20 persen tongkat narsis (tongsis). (art)

 Presiden Director dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat Ooredoo, Alexander Rusli (kiri)

Perlombaan Layanan 4G, Ini Pemenangnya

Speedtest.net acapkali menjadi acuan dalam hal kecepatan internet.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2016