4G LTE di 1800 MHz, Telkomsel Incar Smart City di Makassar

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.
Sumber :
  • Viva.co.id/Amal

VIVA.co.id - Peningkatan mobile broadband di Indonesia kawasan timur merupakan salah satu rencana PT Telkomsel mendukung Rencana Pita Lebar Indonesia. Tidak heran jika kemudian mereka menjadikan Makassar sebagai wilayah pertama beroperasinya 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara resmi.

Dipaparkan pihak Telkomsel, Makassar merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia kawasan timur yang sedang mengalami pertumbuhan data yang pesat. Dalam data Telkomsel disebutkan jika penggunaan layanan data selama semester I-2015 mencapai 166 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Telkomsel 4G LTE memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara lebih cepat dan efisien. Diharapkan juga akan dapat mempercepat terwujudnya Generasi Digital Indonesia di bagian timur Indonesia, khususnya di Makassar, dan sekaligus mendukung ‘Makassar Sombere dan Smart City’ seperti yang dicanangkan pemerintah kota," ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, dalam keterangan resminya, Senin 6 Juli 2015.

Menurut Ririek, salah satu wujud dari Makassar Sombere dan Smart City adalah layanan kesehatan online "Home Care" yang akan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Layanan ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan seperti tabung oksigen, alat infus serta peralatan rekam medis untuk memantau kondisi pasien yang terhubung ke dokter ahli secara jarak jauh.

"Dengan beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di kota Makassar, hal ini diharapkan akan dapat menunjang layanan ‘Home Care’ di mana dengan kecepatan data yang dimiliki oleh teknologi 4G LTE, maka monitoring pasien secara jarak jauh dimungkinkan berjalan secara real time," kata dia.

Agar pelanggan di Makassar dapat menikmati jaringan 4G, Telkomsel membangun 150 eNode B yang mencakup lokasi-lokasi strategis termasuk bandara, universitas, mall, Pantai Losari, dan pusat keramaian lainnya.

Telkomsel Klaim Layanan Digital Tumbuh 39 Persen

Saat ini, secara nasional, Telkomsel mengklaim memiliki lebih dari 1.000 BTS yang tersebar di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar dengan sekitar 700.000 pelanggan 4G.

Saat ini, pelanggan di Makassar sudah dapat menukarkan simcard mereka dengan uSIM, ataupun mendapatkan kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO di pusat-pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) yang terletak di Grapari Makassar, Grapari Mitra Losari, Grapari Mitra Usman Jafar, Grapari Mitra Perintis, Grapari Mitra Panakukkang Square, Grapari Mitra Mattoangin, Grapari Mitra Gowa, dan Grapari Mitra Maros. (art)

 General Manager Sales Regional Central Jabotabek Telkomsel, Heru Sukendro di Thanmrin City.

Cara Telkomsel Tingkatkan 4G LTE di Thamrin City

Telkomsel kerahkan dua BTS makro.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016