Telkom: Baru Lima Persen UKM yang Manfaatkan IT

Direktur Telkom, Muhammad Awaluddin
Sumber :
  • Telkom

VIVA.co.id - Menurut data Telkom, saat ini masih sedikit pengusaha kelas menengah (UKM) yang memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan usaha. Padahal, Telkom yakin, dengan TI, bisnis lokal bisa merambah ke global.

Lazada Beri Jalur Globalkan Produk UKM Lokal

"Tingkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di kalangan UKM masih sangat rendah, hanya sekitar 4 persen sampai 5 persen saja dari total UKM yang ada di Indonesia. Padahal Goes Digital adalah sebuah keniscayaan," ujar Direktur Enterprise & Business Telkom, Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 6 Juli 2015.

Telkom, melalui Divisi Business Services (DBS), terus menggenjot digitalisasi pebisnis kecil dan menengah. Salah satunya dengan menggelar Sharing Business yang melibatkan 1.000 UKM. Di ajang ini juga mereka menyebarkan buku saku bertajuk 'UKM Goes Digital'.

Pendapatan Telkom Rp56 Triliun Berkat Bisnis Digital

“Buku saku ini berisi tips praktis bagi pelaku UMKM. Ini disediakan oleh Telkom Indonesia bekerja sama dengan Portal Teknologi Informasi IndoTelko.com. Materi buku ini sebenarnya berasal dari Rubrik Klinik UKM Goes Digital yang diperuntukkan bagi para pebisnis agar bisa mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi bagi kelancaran usahanya,” kata pria yang akrab disapa Awal ini.

Ia menjelaskan, buku saku ini disediakan dalam format yang simpel dengan membeberkan contoh kasus bisnis bagi para pelaku UMKM. “Di buku ini selalu identik dengan tiga jurus ampuh dalam setiap tema untuk menuntaskan masalah. Kami sengaja cetak buku ini bagi yang tidak sempat mengakses portalnya. Kita harapkan ini bisa menjadi referensi untuk menjadi pelaku UKM mandiri,” katanya menambahkan.

Cara Garuda Indonesia Antisipasi 'SMS Hoax'

Pada kesempatan sama, Founder IndoTelko.com, Doni Ismanto Darwin, mengaku bangga portal yang ia kelola dipercaya oleh Telkom untuk sarana edukasi bagi pelaku UMKM. “Sebagai startup tentu kami bangga dipercaya Telkom. Ide pembuatan sub kanal Klinik UKM Goes Digital tak bisa dilepaskan dari konsep 3C yakni Content, Community, Connectivity. Sub Kanal yang ditulis oleh Pak Awaluddin ini membuat enggagement dengan pembaca terwujud sesuai konsep 3C tadi,” kata Alumnus Universitas Trisakti itu.

Buku saku ini dicetak dalam jumlah ribuan eksemplar dan ditujukan bagi UKM yang ada di Indonesia agar bisa memanfaatkan IT dengan baik dan benar dalam pengembangan usahanya. Nantinya, selain bisa mengakses buku secara fisik, artikel rutin juga muncul di portal Indotelko.

Dalam waktu dekat, buku saku ini akan dibuat dalam bentuk digital, mempermudah pelaku bisnis kecil mengakses dan belajar dari contoh kasus yang ada untuk pemanfaatan IT.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya