Calon Astronaut Indonesia Curhat Sering Diremehkan

Rizman A Nugraha
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Calon astronaut  Indonesia dari jalur kompetisi sebuah produk parfum, Rizman A Nugraha, 'curhat' kisah suka dan duka selama mengikuti program kompetisi ke luar angkasa tersebut.

Untuk kisah duka, ia mengatakan tak sedikit orang yang mencibir upaya yang dijalaninya. Umumnya, cibiran yang ia terima yaitu mengendorkan semangat dalam mengikuti program tersebut.

"Rata-rata tanya gitu sih, mereka tanya, ini bukan penipuan kan? Paling nanti jadi kelinci percobaan, dan masih banyak sih pertanyaan yang menjatuhkan," kata Rizman dalam perbicangan dengan VIVA.co.id, 2 Juli 2015.

Tak sedikit pula yang mempertanyakan bagaimana kemenangannya menjadi salah satu peserta yang akan terbang ke luar angkasa.

"Dianggap remeh gitu, kok bisa gitu aja sih. Ikutinya kan kompetisi saja. Walau (saya) enggak senang, itu biarin saja," tuturnya.

Namun, ia tetap berusaha tegar dan tekadnya menyelesaikan kompetisi tersebut.

"Saya postif saya sih, saya percaya kalau ini rezeki sih, mungkin ada hikmah di balik semua ini," ujar pemuda asal Bangka Belitung itu.

Rizman mengatakan selain ada yang mencibir juga ada yang banyak mendukung langkahnya. Bahkan, ia merasakan ada feed back dalam akun media sosialnya. Pengikutnya di Facebook dan Twitter makin hari makin bertambah.

"Banyak sih yang follow ada yang mendukung. Yang mendukung kita terima positif, yang mencibir kita terima dengan positif, nanti dibuktikan saja. Setidaknya ini (terbang ke luar angkasa) bukan yang boongan," kata dia.

Untuk informasi, Rizman akan meluncur ke luar angkasa setelah menjadi salah satu pemenang program Axe Apollo Space Academy. Total, finalis seluruh dunia yang akan terbang ke luar angkasa ini 23 orang, termasuk Rizman. Menariknya, pria 26 tahun itu adalah satu-satunya orang Indonesia pemenang program tersebut.

Sebelum terpilih menjadi salah sau calon astronaut, Rizman telah menjalani pelatihan National Space Camp pada September 2013 dan Global Space Camp pada Desember 2013. (one)

Indonesia Mulai Menembus Antariksa
Rizman A Nugraha

Menanti 6 Menit di Luar Angkasa

Satu dari tiga orang yang memenangi Axe Apollo Academy.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2015