Calon Astronaut Indonesia Tak Mau Jadi kelinci Percobaan

Rizman A Nugraha bersama tiga peserta Indonesia lainnya
Sumber :
  • Facebook

VIVA.co.id - Calon astronaut Indonesia, Rizman A Nugraha, masih menunggu jadwal untuk diterbangkan ke luar angkasa oleh Unilever, perusahaan yang mana menggelar program ke antariksa tersebut.

Meski sudah menjalani latihan fisik dan mental di tingkatan nasional  maupun global sejak 2013, pria umur 26 tahun itu masih harus menunggu kesiapan pesawat yang akan menerbangkan dia dan 22 peserta dari negara lainnya.

Praktis sejak mengikuti pelatihan Global Space Camp pada Desember 2013, Rizman hanya menunggu informasi terbaru jadwal penerbangannya.

"Pesawatnya dalam tahap pengembangan teknologi baru, ini kan beda. Kalau pesawa ulang alik kan pakai roket. Ini pakai pesawat yang kayak pesawat biasa," kata Rizman kepada VIVA.co.id, Kemarin di Blok M, Jakarta Selatan.

Pesawat yang akan menerbangkan dia dan peserta lainnya adalah seperti pesawat komersil namun hanya berisi dua awak saja. Sesuai rencana, ia akan menjadi kopilot dan didampingi pilot pesawat.

Rizman mengatakan berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari Unilever, saat ini pesawat tersebut sedang dalam tahap pengembangan.

"Jadi sebenarnya dalam menunggu mereka lagi kembangin pesawatnya dan karena (saya) terikat kontrak sampai akhir 2016. Diharapkan sebelum akhir 2016, kita sudah bisa diterbangkan. Batas akhir 2016," kata dia.

Ia memahami memang dalam penerbangan ini perlu teliti dan persiapan pesawat yang matang. Rizman mengaku tak ingin berjudi saat pesawat yang akan menerbangkan dirinya itu terdapat masalah keamanan.

"Kan ini menyangkut safety ya, kalau memang belum memungkinkan kan enggak bisa dipakai (pesawatnya), soalnya nyawa orang," katanya.

Rizman yakin Unilever, selaku pemegang merek Axe, sangat memprioritaskan keselamatan dalam penerbangan ke luar angkasa ini.

"Enggak mentang-mentang menang harus terbang. Kita juga enggak mau betul-betul jadi kelinci percobaan ya. Unilever kan punya nama enggak mungkin terbangin pesawat yang enggak aman," ujarnya.

NASA Kirim Kakek ke Luar Angkasa Selama 534 Hari

Rizman mengatakan dia juga belum pasti bisa terbang ke luar angkasa. Sebab tergantung pada performa pesawatnya. Ada kemungkinan jika ada problem, para peserta tidak jadi diterbangkan. Dan Unilever akan bertanggungjawab.

"Kalau enggak jadi terbang, mereka akan berikan kompensasi dalam bentuk uang, tapi saya belum tahu berapa jumlahnya," tuturnya.

Untuk informasi, Rizman akan meluncur ke luar angkasa setelah menjadi salah satu pemenang program Axe Apollo Space Academy. Total finalis seluruh dunia yang akan terbang ke luar angkasa ini 23 orang, termasuk Rizman. Menariknya, pria 26 tahun itu adalah satu-satunya orang Indonesia pemenang program tersebut.

Sebelum terpilih menjadi salah sau calon astronot, Rizman telah menjalani pelatihan National Space Camp pada September 2013 dan Global Space Camp pada Desember 2013.

Setahun Hidup di Antariksa, Astronot Ini Rindu Kamar Mandi
Tiga astronot yang ikut demam Piala Dunia 2014

Demam Olimpiade Landa Astronot di Stasiun Antariksa

Olimpiade Rio mulai dibuka pada 5 Agustus 2016.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016