Ini Ritual Khusus Calon Astronot Indonesia

Rizman A Nugraha
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Calon astronot Indoneia Rizman A Nugraha berpeluang menjadi orang Indonesia pertama yang akan terbang ke luar angkasa.

Pria umur 26 tahun itu dijadwalkan akan meluncur ke luar angkasa pada akhir 2015 atau paling lambat akhir 2016 menunggu pesawat yang akan menerbangkannya ke luar bumi.

NASA Kirim Kakek ke Luar Angkasa Selama 534 Hari

Sementara menunggu kepastian jadwal penerbangan, dia sudah berlatih fisik dan mental sejak dua tahun lalu, dalam seleksi National Space Camp dan global Space Camp.

Sambil menunggu jadwal peluncuran ke luar angkasa, pria yang bekerja sebagai programmer IT itu menjalankan 'ritual' tertentu secara rutin. Hal itu bertujuan untuk menjaga kebugaran fisik sebelum nanti hari penerbangannya tiba.

"Kalau ritual sih lebih menjaga fisik saja dengan berolahraga. Setiap hari walau 15 menit sebelum berangkat kerja, biar fisik selalu bugar dan nggak kaget," ujar Rizman kepada VIVA.co.id, Jumat 3 Juli 2015.

Soal jenis ritual yang dimaksud, Rizman mengatakan biasanya dilakukan di rumah atau sekitar rumahnya.

"Paling lari kayak futsal, sit up, angka barbel, gerakin badan saja sih. Kalau malam sih kalau nggak capai sit up saja sih," kata dia yang mengaku sebelumnya jarang berolahraga.

Ia mengatakan soal makanan ia tetap menjaga jenis asupan yang dikonsumsi. Rizman sendiri tak terlalu selektif dalam memilih makanan, yang penting makanan tersebut sehat.

"Makanan standar sih, jangan terlalu banyak makan junk food. Makanan masakan rumah saja sih," ujarnya.

Untuk informasi, Rizman akan meluncur ke luar angkasa setelah menjadi salah satu pemenang program Axe Apollo Space Academy. Total finalis seluruh dunia yang akan terbang ke luar angkasa ini 23 orang, termasuk Rizman. Menariknya, pria 26 tahun itu adalah satu-satunya orang Indonesia pemenang program tersebut.

Sebelum terpilih menjadi salah sau calon astronot, Rizman telah menjalani pelatihan National Space Camp pada September 2013 dan Global Space Camp pada Desember 2013.

Tiga astronot yang ikut demam Piala Dunia 2014

Demam Olimpiade Landa Astronot di Stasiun Antariksa

Olimpiade Rio mulai dibuka pada 5 Agustus 2016.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016