XL Pilih Lombok Gelar Perdana LTE 1800 MHz

Fasilitas XL 4G
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO-XL
VIVA.co.id
XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE
- Layanan komunikasi data berbasis 4G LTE dengan mengandalkan frekuensi 1800 MHz akan resmi digelar 6 Juli nanti. Salah satu operator, XL Axiata menyatakan kesiapannya dalam pertumbuhan ekosistem bisnis layanan data.

Musim Haji, XL Sediakan Paket Khusus

Persiapan ini dilakukan menjelang penyerahan Uji Laik Operasi (ULO) 1800 MHz, saat akan mengkomersilkan layanan 4G Long Term Evolution (LTE) tahap kedua. Tak hanya soal infrastruktur jaringan untuk 4G LTE (network), pelanggan juga akan mendapatkan smartphone 4G (device) dengan harga ramah di kantong, dan aplikasi inovatif untuk memanfaatkan keunggulan teknologi 4G yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat (application).
Mokado, Cara Baru Beli dan Beri Kado


"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari. Sehingga 6 Juli nanti, saat pemerintah secara resmi memperbolehkan komersialisasi layanan 4G LTE di pita frekuensi 1800 MHz, XL sudah siap melayani pelanggan dan masyarakat. Bahkan, kami sudah selesai melakukan tender untuk pembangunan 4G LTE di berbagai daerah yang kami kebut," kata Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan di Grha XL, Jakarta, Kamis malam, 2 Juli 2015.


Sebelumnya, XL telah melakukan uji jaringan di sejumlah kota besar, mulai dari Jakarta-Merak, Surabaya-Malang, Banjarmasin-Pekanbaru, Semarang-Solo, dan Padang-Bukit Tinggi. XL mengklaim rute-rute tersebut menghasilkan hasil yang bagus.


"Bahkan di tol baru Cikopo-Palimanan (Cipali) kita sudah lakukan drive test dan hasilnya juga bagus. Di sana kita sudah bangun 170 BTS (Base Tranceiver Station) untuk meng-cover pelanggan kami. Begitu juga, kami sudah siapkan puluhan Combat BTS di titik-titik pada jalur mudik. Jadi, di saat mudik para pelanggan tidak akan khawatir akan kualitas layanan kami," kata Ongki.


Sikap optimis ini juga didasari oleh sumber daya spektrum yang dimiliki XL. Di 1800 MHz, XL punya kapasitas besar dari hasil konsolidasi XL-Axis beberapa tahun lalu. Pada pita frekuensi 1800 MHz, XL punya blok kanal seluas 22,5 MHz. Hal tersebut dapat memberikan keleluasaan dalam memberikan layanan 4G dengan kenyamanan kepada pelanggan XL yang dapat menikmati kecepatan akses internet hingga 100 Mbps.


Saat mengkomersilkan layanan 4G tahap kedua ini serentak dilakukan oleh lima operator, XL akan melakukannya di kota Lombok. Pemilihan Lombok ini dirasa tepat, sebab pelanggannya di kota tersebut, diklaim XL, cukup kuat dengan pangsa pasar 85 persen.


"Pelanggan XL di Lombok cukup kuat dengan market share kami sekitar 85 persen dibandingkan dengan operator lainnya," ujar Ongki.


Diketahui, 6 Juli nanti kelima operator seluler akan mengkomersilkan layanan 4G tahap kedua di lima kota besar Indonesia. Operator yang dimaksud itu, XL (Lombok), Telkomsel (Makassar), Indosat (Balikapapan), Hutchinson 3/Tri (Banjarmasin), yang memanfaatkan pita frekuensi 1800 MHz. Sementara Smartfren yang merupakan satu-satunya operator seluler CDMA akan menggelar di Batam dengan menggunakan pita frekuensi 850 MHz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya