Cuma 6 Menit di Antariksa, Rizman Ingin Ubah Sejarah RI

Rizman A Nugraha bersama tiga peserta Indonesia lainnya
Sumber :
  • Facebook
VIVA.co.id
Demam Olimpiade Landa Astronot di Stasiun Antariksa
- Pada akhir tahun ini, calon astronot pertama Indonesia, Rizman A Nugraha dijadwalkan akan meluncur terbang ke luar angkasa.

NASA Kirim Kakek ke Luar Angkasa Selama 534 Hari

Persiapan untuk terbang ke luar angkasa sudah dijalaninya sejak 2013. Sejak dua tahun lalu, Rizman telah mengikuti serangkaian pelatihan yang menguatkan fisik dan mental sebelum terbang ke luar angkasa.
Setahun Hidup di Antariksa, Astronot Ini Rindu Kamar Mandi


Namun seakan antiklimaks, latihan selama berbulan-bulan itu hanya akan terbayar dengan perjalanan luar angkasa yang singkat. Rizman dijadwakan hanya akan berada di luar angkasa selama 6 menit saja, dengan total perjalanan dari bumi sekitar 60 menit.


Meski sangat singkat, pria asal Bangka Belitung itu mengatakan, momentum itu merasa sangat penting bagi dirinya dan Indonesia.


"Jadi momen 6 menit itu adalah bisa mengubah sejarah Indonesia, jangan sampai kalah dengan negara tetangga, Malaysia saja sudah (kirimkan astronaut), kita belum ada satupun," ujar Rizman kepada
VIVA.co.id
di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis malam, 2 Juli 2015.


Jika ia terbang ke luar angkasa, kata Rizman, bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu 'mengirimkan' warganya ke antariksa.


Untuk menghiasi momen singat yang penting itu, Rizman mengatakan ia akan membawa simbol Indonesia dalam penerbangan ke luar angkasa. Namun berhubung keterbatasan ruang dalam pesawat saat menembus luar angkasa, maka ia harus menyesuaikan. Untuk membawa bendera ke dalam pesawat tidak memungkinkan.


"Kalau misalkan jadi berangkat akan bawa bendera, sebelum terbang
pengen dikalungin
bendera terus difoto ya," katanya.


Dia menambahkan, aktivitas yang akan dilakukan selama 6 menit di antariksa antara lain mengabadikan momen bersejarah tersebut.


"Kalau mungkin
sih
bawa foto kecil untuk rekam latar bumi
kan
keren banget ya. Bendera
kan
ada yang mirip
sih.
Bisa saja bawa simbol garuda juga," katanya.


Untuk informasi, Rizman akan meluncur ke luar angkasa setelah menjadi salah satu pemenang program Axe Apollo Space Academy. Total finalis seluruh dunia yang akan terbang ke luar angkasa ini 23 orang, termasuk Rizman. Menariknya, pria 26 tahun itu adalah satu-satunya orang Indonesia pemenang program tersebut.


Sebelum terpilih menjadi salah sau calon astronot, Rizman telah menjalani pelatihan National Space Camp pada September 2013 dan Global Space Camp pada Desember 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya