ZenPower, PowerBank untuk 3 Gadget Berturut-turut

Asus ZenPower
Sumber :
  • Asus

VIVA.co.id - Produsen notebook yang kini merambah juga ke industri mobile, rupanya merasa kurang eksis jika belum menambahkan lini produk baru. Mereka mencoba untuk menarik pengguna digital dengan memproduksi perangkat pasokan baterai cadangan atau powerbank.

Keterbatasan kapasitas baterai pada smartphone dan tablet membuat kebutuhan akan powerbank meningkat. Atas dasar ini lah kemudian Asus menggelontorkan ZenPower.

Dalam sebuah kesempatan, VIVA.co.id mencoba menggunakan ZenPower dengan ukuran 10.050 mAh. Bentuknya memang ergonomis, dipadukan dengan casing aluminium ringan, sehingga terlihat elegan dan kokoh.

Asus Klaim Posisi 2 di Pasar Smartphone Indonesia

Tampilannya pun cukup premium. Asus mengklaim, ZenPower dipoles dengan nanodisasi di casing aluminiumnya. Ternyata, hal ini yang menyebabkan ZenPower bebas dari goresan.

Jika ditimbang, berat ZenPower memang lebih dari 200 gram, tapi untuk lebar, sama dengan ukuran kartu kredit. Memang tidak setipis kartu kredit, karena ketebalannya mencapai 22 milimeter. Namun, bisa dimasukkan ke dalam kantong bersamaan dengan smartphone ukuran 4 sampai 5 inci.

Untuk ukuran 10.050 mAh, dalam sebuah uji coba dengan smartphone tertentu, bisa memasok daya sampai 4 kali. Saat dicoba, ZenPower dengan daya penuh bisa habis untuk mengisi baterai Zenfone 2 sebanyak hampir 3 kali. Asus mengungkap jika di dalam ZenPower dipersenjatai dengan sel baterai lithium-ion buatan Panasonic.

ZenPower memiliki kekuatan energi 5,1 volt dan 2,4 ampere output. Namun sayangnya, hanya ada satu port pengisian baterai di ZenPower ini dengan mengandalkan teknologi USB 2.0. Sementara itu, port USB yang lebih kecil (mikro) digunakan untuk mengisi ulang daya cadangan di ZenPower.

Di samping tombol on/off, Asus menyematkan empat buah lampu kecil untuk notifikasi. Lampu itu akan menyala untuk memberitahukan tingkat pasokan daya baterai yang masih tersisa.

Dalam uji coba, meski tersisa satu lampu yang menyala, menunjukkan pasokan energi yang menipis dalam ZenPower, namun masih bisa mengisi data iPhone 5c sebanyak 60 persen, dalam waktu kurang dari 20 menit.

Kapasitasnya yang besar juga membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi ulang. Dalam uji coba, dibutuhkan waktu selama 5 sampai 6 jam untuk mengisi ulang ZenPower agar bisa terisi penuh kembali.

ZenPower juga dilengkapi output ukuran 2.4A. Artinya, baterai gadget dapat terisi penuh dengan cepat, bahkan untuk tablet dengan kapasitas baterai terbesar sekalipun.

Asus mengklaim, soket USB bawaan ZenPower bisa bertahan hingga 4,5 tahun dan berfungsi dengan baik selama itu. Sebab, mereka telah melakukan uji coba penggunaan soket USB hingga 5.000 kali.

Setidaknya, menurut Asus, ZenPower dilengkapi dengan beberapa pengamanan, baik proteksi suhu agar tidak cepat panas, short circuit protection, reset protection, input over voltage protection, output over voltage protection, input reserve direction protection, over charge/over discharge protection, output over current protection, cell PTC protection, adapter protection, dan JEITA protection.

Di Indonesia, ZenPower dibanderol seharga Rp269.000 per unit. Saingan terberatnya adalah Mi Powerbank buatan Xiaomi dan OnePlus Powerbank. (art)

Pengalaman Gunakan Ultrabook ASUS ZenBook UX305
Sumber: SocioGeeks

Pengalaman Gunakan Tablet ASUS ZenPad 7.0

Tablet ASUS ini dirilis dengan tujuan untuk hiburan multimedia.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2016