BlackBerry Pertimbangkan Bikin Ponsel Antibakteri

Chief Executive Officer BlackBerry John Chen memperkenalkan Blackberry Classic dalam acara peluncuran di New York (17/12/2014).
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVA.co.id - BlackBerry punya kejutan dalam inovasi bidang dunia kesehatan. Perusahaan perangkat mobile asal Kanada itu ingin membuat handset antibakteri.

Keinginan itu disampaikan oleh Chief Executive Officer (CEO) BlackBerry, John Chen untuk memberikan solusi pencegahan penyebaran bakteri dan infeksi di rumah sakit.

Laporan Business News Network yang dikutip dari Phone Arena, Kamis, 25 Juni 2015, menyebutkan pertimbangan BlackBerry ingin membuat perangkat antibakteri dilandasi kenyataan upaya melokalisir bakteri di rumah sakit bukanlah hal yang mudah. Setiap perangkat yang masuk dan keluar dari dan ke rumah sakit harus mendapat upaya pembersihan.

"Pekerja perawat kesehatan setidaknya bisa tak khawatir harus mengusap handset mereka jika karyawan rumahs akit menggunakan perangkat BlackBerry anti bakteri," ujar Chen di rumah sakit Mackenzie Health, Southwest York Region, utara Toronto, Kanada.

Tapi bos BlackBerry itu mengakui sejauh ini perusahaannya belum membuat perangkat antibakteri yang dimaksud.  

Menurut Kepala Informasi Medis penyedia layanan kesehatan Mackenzie Health, Aviv Gladman mengatakan pencegahan pasien dari pemindahan bakteri dan infeksi adalah 'masalah yang besar'.

Menurut Gladman, para dokter dan perawat diharuskan untuk mengusapkan ponsel mereka dengan alkohol setiap saat saat masuk dan keluar dari ruangan rumah sakit. Gladman mengatakan infeksi yang berasal dari rumah sakit  merupakan salah satu yang menyebabkan kematian di rumah sakit.

Kenyataan itu juga ditunjukkan oleh temuan uji coba yang dilakukan dan diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology. Uji coba itu menemukan 20 sampai 30 persen perpindahan bakteri terjadi antara ponsel dan ujung jari.

BlackBerry Pangkas Harga Ponsel Berbasis Android

Diketahui di rumah sakit itu, BlackBerry meluncurkan sebuah proyek sistem peringatan percontohan untuk klinis. Guna mebnghadirkan sistem peringatan tersebut, BlackBerry menggandeng ThoughtWire and Cisco Systems Inc., untuk menyediakan unit perangkat yang memiliki sistem peringatan dan pesan portabel kepada para dokter dan perawat. BlackBerry akan menyediakan perangkat lunak dan perangkat.

Smartphone baru BlackBerry, DTEK50 yang dilabeli ponsel Android teraman di dunia

BlackBerry Rilis Smartphone Android Teraman di Dunia

Ponsel itu akan dirilis pada awal Agustus

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016